TikTok Tak Mau Kalah, Pemiliknya Investasi pada Mobil Tanpa Sopir

Perusahaan pemilik TikTok diketahui melakukan investasi kepada startup yang mengembangkan teknologi mobil otonom atau mobil tanpa sopir.

Rabu, 10 Maret 2021 20:45
TikTok Tak Mau Kalah, Pemiliknya Investasi pada Mobil Tanpa Sopir Ilustrasi mobil otonom (Automotive News)

Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Perusahaan China pemilik TikTok, ByteDance rupanya tak mau kalah dengan perusahaan teknologi lainnya. Setelah huru-hara larangan dan akuisisi di Amerika Serikat, ByteDance kini memiliki rencana jangka panjang di bisang otomotif.

Dilansir dari Autoevolution, Bloomberg melaporkan bahwa ByteDance tengah mempertimbangkan untuk masuk ke industri otomotif. Baru-baru ini pemilik TikTok itu menginvestasikan sebesar USD 25 juta untuk perusahaan bernama QCraft.

QCraft diketahui mengembangkan teknologi mobil otonom. Teknologi itu bahkan sudah dipakai untuk minibus yang saat ini beroperasi di beberapa kota di China.

1 dari 2 Halaman

Meski begitu QCraft adalah perusahaan kecil seperti startup yang didukung oleh investor besar lainnya, termasuk IDG Capital dan Lenovo Capital. Perusahaan ini didirikan oleh para eksekutif yang berpengalaman di pasar mobil listrik dan kendaraan otonom.

Mereka termasuk mantan karyawan Tesal, Uber, dan Waymo. Sebenarnya, investasi ini disebut masih merupakan rahasia, sehingga tak banyak informasi yang bisa diungkapkan.

 

2 dari 2 Halaman

Sebagai informasi, perusahaan teknologi yang ikut nimbrung di dunia otomotif bukan hal baru. Apple, Xiaomi hingga Huawei. Dari ketiga raksasa teknologi itu, Apple yang kini tengah menjadi perbincangan hangat.

Project Titan yang disebut merupakan pengembangan Apple Car itu sedang serius digarap. Bahkan beberap analis menyebut Apple Car akan hadir pada 2024 atau 2025. Apple sendiri juga dikethaui sedang dalam negosisai dengan pabrikan mobil lain seperti Nissan untuk menjadi mitra mewujudkan Apple Car.

(kpl/tys)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami