Tidak Tanggung-tanggung, Mazda Bakal Siapkan 5 SUV Baru

Setelah pengumuman platform terbarunya, kini Mazda dikabarkan akan memboyong 5 SUV baru.

Selasa, 12 Oktober 2021 19:15
Tidak Tanggung-tanggung, Mazda Bakal Siapkan 5 SUV Baru Mazda MX30 EV (Mazda)

Editor : Arendra Pranayaditya

Otosia.com - Mazda dikabarkan akan menghadirkan platform baru pada beberapa modelnya. Berbeda dari pabrikan otomotif lain, Mazda justru akan mengusung mesin hybrid berkapasitas besar dan menggunakan penggerak roda belakang.

Selain itu, Mazda berjanji akan segera menghadirkan mobil baru yang menggunakan platform tersebut, mulai dari mobil sports hingga SUV.

Tipe mobil yang terakhir rupanya dalam waktu dekat akan diluncurkan. Mengutip situs paultan.org, Senin (11/10/2021), Mazda akan memboyong 5 model SUV dengan platform baru mereka, yakni CX-50, CX-60, CX-70, CX-80, dan CX-90.

1 dari 5 Halaman

Pasar Amerika Serikat

Mazda CX-9 (Mazda)

Berdasarkan situs tersebut, jatah SUV dari Mazda itu dibagi menjadi dua tujuan pasar. Pertama adalah pasar Amerika Serikat. Mazda dikabarkan akan menghadirkan tipe CX-50, CX-70, dan CX-90 di Negeri Paman Sam.

Model-model tersebut memang dirancang untuk negara-negara di mana konsumennya cenderung lebih suka terhadap mobil SUV dengan bodi besar yang terlihat commanding.

2 dari 5 Halaman

Untuk konfigurasi, model CX-50 akan dijual bersamaan dengan model CX-5, seperti Mazda 3 dan CX-30. Artinya CX-50 nanti kemungkinan besar akan mengusung bentuk dari CX-5 standar.

Sementara CX-70 dan CX-90 dikabarkan sama-sama mengadopsi bentuk bodi yang bongsor. Bedanya CX-70 hanya mempunyai 2 baris kursi, sedangkan CX-90 mempunyai 3 baris kursi. Menariknya, CX-90 tidak akan dijual bersamaan dengan CX-9. Model itu nantinya akan menggantikan CX-9 sebagai flagship Mazda.

3 dari 5 Halaman

Pasar Eropa dan Jepang

Mazda CX-5 Facelift (Mazda)

Lanjut ke tujuan pasar ke-2, yaitu pasar Eropa dan Jepang. Mazda akan memboyong CX-60 dan CX-80. Sama halnya dengan CX-70 dan CX-90 di atas, kedua model ini dibedakan dengan jumlah kursi penumpang.

Mazda CX-70 hanya bisa menampung lima penumpang, sedangkan CX-80 hadir dengan konfigurasi three row SUV. Namun, berbeda dengan model di Amerika Serikat, bodi dari kedua SUV ini lebih ramping dan praktis, cocok untuk melintasi jalanan Eropa dan Jepang.

4 dari 5 Halaman

Model tidak "fix"

Selain itu, situs itu menyebutkan bahwa Mazda menuliskan kata "etc" di beberapa model. Artinya beberapa varian bisa dibawa ke pasar yang berbeda, terutama jika ada permintaan dari negara lain di luar Eropa dan Jepang.

Untuk saat ini model yang "fixed" atau tidak dikenalkan ke negara lain adalah CX-50. Mobil itu dikabarkan hanya akan dijual untuk pasar Amerika Serikat saja.

5 dari 5 Halaman

Sementara jantung pacunya menggunakan sistem hybrid, di mana kinerja mesin akan dibantu oleh motor listrik dan baterai. Tersedia tiga pilihan mesin, mulai dari empat silinder segaris bensin dan dua mesin enam silinder segaris, yaitu Skyactiv-X bensin dan Skyactiv-D diesel.

Semua pilihan mesin dipadu dengan baterai 48 volt dan seluruh daya disalurkan ke roda belakang. Mengenai spesifikasi detail lainnya masih menjadi misteri.

Model-model SUV Mazda (paultan.org)

 

(kpl/dit)

TAGS :
KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami