Tidak Percaya Ford GT Lebih Hebat Dari Pesawat Tempur? Ini Buktinya

Saking canggihnya, sensor elektronik yang digunakan dalam mengendalikan Ford GT diyakini lebih kuat kuat ketimbang milik pesawat jet tempur F35!

Senin, 24 Juli 2017 19:30
Foto: Ford
Editor : Fitradian Dhimas

Otosia.com - Seperti diketahui, Ford telah meluncurkan supercar terbarunya, yaitu Ford GT, guna menantang serta menghabisi Ferrari 488 dan Porsche 911 dalam ajang balap ketahanan Le Mans 24 Hours.

Tahun 2017 ini menjadi saat yang penting bagi produsen asal Amerika Serikat, Ford, yang memulai produksi mobil super kebaggaannya, GT pada awal tahun ini.

Mobil super yang menggendong dapur pacu twin-turbo V6 tersebut awalnya bakal dibangun sebanyak 500 unit saja hingga tahun tahun 2018, namun akibat besarnya antusias, Ford melipatgandakan angka produksi GT menjadi seribu unit hingga tahun 2020.

Salah satu rahasia terbesar Ford GT terletak pada segi aerodinamika dari cangkang serat karbon yang sangat enteng dipadu dengan teknologi mesin Ford EcooBoost V6 berkapasitas 3.5 liter yang dikatakan mengandung performa paling hebat sepanjang penciptaan mesin tersebut.

Dalam mengendalikan 600 hp yang dimilikinya, ternyata Ford GT memerlukan sejumlah sensor, perkaberlan, serta sistem komputer yang mumpuni.

Saking canggihnya, sensor elektronik yang digunakan dalam mengendalikan Ford GT diyakini lebih kuat kuat ketimbang milik pesawat jet tempur F35!

Di dalam tubuh Ford GT terdapat lebih dari 50 sensor yang berkomunikasi dengan 25 sistem komputer, yang mana memproses data sebanyak 300 MB setiap detiknya. Angka 300 MB per detik itu kira-kira sama seperti men-download video sepanjang 1 jam.

Secara keseluruhan, hanya dalam waktu 1 jam saja sebuah Ford GT beroperasi, data sebesar 100 GB bersirkulasi di dalam perangkat lunak pada Ford GT.

BERITA MENARIK LAINNYA

(kpl/fdk)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami