Tidak Bisa Sembarangan, Liburan Akhir Tahun Wajib Cegah Penularan COVID-19!

Tentu saja risiko dan potensi penularan akan semakin besar lagi mengingat momen liburan banyak dimanfaatkan masyarakat untuk keluar rumah atau berlibur.

Jum'at, 25 Desember 2020 11:15
Tidak Bisa Sembarangan, Liburan Akhir Tahun Wajib Cegah Penularan COVID-19! Gerbang Tol Cikampek Utama. ©Liputan6.com/Herman Zakharia

Editor : Nurrohman Sidiq

Otosia.com - Hari libur Natal dan Tahun Baru 2021 akhirnya tiba. Meski pemerintah telah memangkasnya hingga tiga hari, namun euphoria liburan pastinya masih menggebu-gebu. Tapi ingat, Pandemi Corona (COVID-19) belum usai.

Kasus Corona di Indonesia masih cukup tinggi, bahkan terus merangkak naik. Hingga Kamis (24/12/2020), berdasarkan data pemerintah Indonesia, jumlah penyebaran COVID-19 sudah mencapai 692.838 kasus, terhitung sejak diumumkan 2 Maret 2020 lalu. Sedangkan pada penambahan satu hari dari tanggal 23 Desember ke 24 Desember sebesar 7.199 kasus.

Tentu saja risiko dan potensi penularan akan semakin besar lagi mengingat momen liburan banyak dimanfaatkan masyarakat untuk keluar rumah atau berlibur. Lantaran itulah, Satuan Tugas Penanganan atau Satgas COVID-19 mengimbau masyarakat untuk tetap berada di rumah saja.

 

 

 

1 dari 2 Halaman

Akan tetapi, aktivitas masyarakat nampaknya sulit dibendung. PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat sebanyak 174.678 kendaraan telah meninggalkan Jakarta per Kamis (24/12/2020) kemarin. Angka tersebut merupakan kumulatif arus lalu lintas (lalin) dari beberapa Gerbang Tol (GT) Barrier/Utama, yaitu GT Cikupa (arah Barat), GT Ciawi (arah Selatan), dan GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama (arah Timur).

"Total volume lalin yang meninggalkan Jakarta ini naik 34,5 persen jika dibandingkan lalin normal," Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru, Kamis (24/12).

Bila harus bepergian ke tempat wisata atau terlanjur memesan tiket perjalanan, terpenting wajib menerapkan protokol kesehatan dengan baik, seperti dikemukakan dokter sekaligus pengusaha, Ivan Adrian.

 

2 dari 2 Halaman

Lantas, apa saja tips libur akhir tahun minim risiko penularan COVID-19 yang disampaikan Ivan Adrian dalam diskusi virtual di kanal YouTube BNPB Indonesia? Simak dalam Infografis berikut ini:

Infografis protokol kesehatan selama liburan akhir tahun 2020 (c) Liputan6.com

(kpl/sdi)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami