Tersandung Standar Emisi, Honda Vultus Akan Disuntik Mati

Honda Vultus kabarnya akan berhenti diproduksi lantaran mesinnya tak memenuhi standar emisi gas buang Euro 5.

Senin, 05 Agustus 2019 21:15
Tersandung Standar Emisi, Honda Vultus Akan Disuntik Mati Honda Vultus (Motor1.com)

Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Kabarnya Honda NM4 Vultus tak lama lagi akan disuntik mati. Mengutip dari Greatbiker dalam Oto.com, motor bergaya futuristik yang dirilis 5 tahun silam itu akan dihentikan produksinya pada September 2019 mendatang. Salah satu penyebabnya adalah mesin Honda Vultus tidak memenuhi standar emisi gas buang Euro 5.

Sampai saat ini belum ada informasi lebih lanjut dari Honda Jepang. Apakah bakal ada versi All New Vultus agar lolos standar Euro 5, atau memang benar-benar disuntik mati dari daftar jagoan moge Honda. Jika benar direalisasikan, moge berdesain futuristik itu statusnya bisa menjadi barang langka.

Motor yang pernah dipakai Scarlett Johansson di film Ghost in The Shell itu, berkapasitas 750 cc dengan konfigurasi dua-silinder, liquid-cooled, 4-Stroke, 8-Valve, SOHC dan PGM-FI.

Performanya sanggup memuntahkan torsi puncak sampai 68 Nm di 4.750 rpm dan tenaga maksimal 54 hp di 6.250 rpm. Mesin itu dikawinkan dengan transmisi canggih dual clutch (DCT). DCT adalah transmisi otomatis paling canggih saat ini yang bisa dimanualisasi dengan sangat halus dan ultra-responsif. Honda NM4 Vultus menjadi motor pertama di dunia yang dilengkapi dengan teknologi tersebut.

 

1 dari 1 Halaman

2 Tahun di Indonesia

2 Tahun di Indonesia

Walau punya bobot berat, kaki-kakinya cukup kokoh untuk menopang beban, karena didukung suspensi tangguh di depan dan belakang. Sektor depan mengusung sistem suspensi teleskopik fork yang menggunakan rangka multi-spoke cast aluminium. Sementara belakang menggunakan sistem suspensi monoshock dumper dengan dukungan Pro-Link swingarm. Peredam itu dapat memberikan kenyaman ekstra kepada pemboncengnya. Untuk bagian roda, dibekali dengan sepasang ban berukuran 200/50 ZR17 depan dan 120/70 ZR17 belakang.

Dari segi keselamatan, Vultus sudah dibekali sistem pengereman anti-lock braking system (ABS). Fitur-fitur yang ada di dalamnya, antara lain; lampu depan sudah LED dan panel meter LED dengan 25 variasi warna. Diciptakan agar dapat menyesuaikan dengan karakter pengendara. Uniknya, dia punya sandaran yang bisa dilipat menjadi bangku kedua.

Kuda besi itu juga memiliki bagasi yang tidak dimiliki moge lain, terletak di sisi samping bagian depan motor. Dengan total kapasitas 4 liter, bisa digunakan untuk menyimpan berbagai peralatan seperti smartphone, kaca mata juga keperluan pengendara. Di dalamnya terdapat stop kontak 12 volt untuk mengisi ulang baterai smartphone.

Di Indonesia, motor itu pertama kali dikenalkan pada 2015. Selang dua tahun, AHM menghentikan penjualan motor itu karena kurang signifikan. Selama dijual, ia hanya laku belasan unit. Motor yang didatangkan dari Jepang secara utuh atau CBU (Compeletly Built Up) itu, dijual Rp 435 juta (on the road Jakarta). Hanya tersedia satu warna saja, black metallic.

Sumber: Oto.com

(kpl/crn)

Join Otosia.com
KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami