Ternyata Yamaha XMAX dan Honda Forza Punya Busi Unik Lho, Cari Tahu di Sini

Yamaha XMAX maupun Honda Forza punya busi yang unik. Kedua skutik itu dipasangkan busi yang meningkatkan efisiensi sistem pendingin.

Kamis, 18 Juni 2020 15:15
Ternyata Yamaha XMAX dan Honda Forza Punya Busi Unik Lho, Cari Tahu di Sini Busi khusus Yamaha XMAX dan Honda Forza (Istimewa)

Editor : Nazarudin Ray

Otosia.com - Skutik premium dengan bodi bongsor dalam beberapa tahun terakhir cukup banyak diminati. Sebut saja Yamaha XMAX dan Honda Forza. Selain dilengkapi fitur modern, secara tampilan skutik ini layaknya motor besar, sehingga membuat bangga orang yang menaikinya.

Tapi tahukah, ternyata baik Yamaha XMAX maupun Honda Forza punya busi yang unik dibandingkan skutik lain. Kedua skutik tersebut dipasangkan busi tipe NGK LMAR8A-9.

Apa uniknya? "Busi NGK LMAR8A-9 & Laser Iridium LMAR8BI-9 untuk XMAX dan Forza memiliki fitur yang cukup berbeda dari busi motor pada umumnya. Busi motor ini memiliki fitur yang disebut dengan Long Reach, yaitu penggunaan ulir busi sepanjang 26,5mm," beber Diko Oktaviano selaku Technical Support PT NGK Busi Indonesia.

Menurut Diko, penggunaan ulir yang cukup panjang tersebut bukan tanpa alasan. Sebab busi tersebut sengaja diciptakan agar meningkatkan efisiensi sistem pendingin yang lebih besar. Tujuannya untuk menaikkan kemampuan kompresi, dan ruang bakar serta sudut katup yang lebih kecil menghasilkan efisiensi yang tinggi.

"Busi keduanya punya jalur pendinginan lebih lebar untuk mencegah knocking, dan lubang busi yang lebih kecil menjadikan desain mesin lebih fleksibel," terangnya.

 

1 dari 1 Halaman

Keunikan lain pada kedua skutik tersebut adalah penggunaan fitur dan material baru pada elektroda pusatnya, sehingga memiki sifat anti-spark erosion dan anti-oxidation. Efek lainnya busi tersebut dapat memiliki performa pengapian maksimal dengan masa pakai yang lebih panjang.

Karena itu Diko menyarankan bagi pemilik XMAX dan Forza untuk tidak mengganti busi secara sembarangan yang dapat mengurangi performa keduanya. Jika ingin mengganti baru pilih spesifikasi yang direkomendasikan pabrikan.

"Fitur-fitur spesifik untuk masing-masing motor berbeda-beda. Kami selalu mengingatkan akan pentingnya penggunaan part number busi yang sesuai dengan kendaraan yang dimiliki, agar para pemakai kendaraan dapat merasakan performa dan efisiensi yang paling optimal," pungkasnya.

(kpl/nzr)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami