Ternyata, Spion Pertama di Dunia Terpasang Pada Mobil Balap

Spion kini telah menjadi perlengkapan keamanan wajib, baik pada mobil maupun motor. Ternyata, komponen ini pertama kali digunakan di mobil balap.

Selasa, 16 Oktober 2018 15:15
Spion mobil (aceglassva.com)
Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Salah satu komponen yang saat ini harus terpasang ialah spion, baik pada sepeda motor maupun mobil. Pasalnya, kaca ini berguna untuk melihat kendaraan di belakang maupun samping yang tak bisa dilihat mata hanya dengan melirik.

Ternyata, spion pertama di dunia justru tidak ditemukan di jalan raya, melainkan di lintasan balap. Mengutip dari Voxcreative.com, komponen tersebut ditemukan oleh Ray Harroun.

Pria yang kerap disapa sebagai Little Professor itu sebenarnya adalah pembalap paruh waktu dan bekerja sebagai karyawan di pabrik mobil.

Pada final Indianapolis 500 tahun 1911, Harroun menyematkan kaca spion di depannya. Padahal, mobil balap waktu itu mampu memuat 2 orang, pengendara dan navigator yang bertugas mengawasi serta menginformasikan posisi pembalap lainnya.

Karena telah menggunakan spion, Harroun pun tidak memerlukan navigator dan mengubah konfigurasi tempat duduknya menjadi single-seater. Dengan begitu, ia pun berhasil memenangi kejuaraan.

BACA INI JUGA DONG OTOLOVERS

(kpl/crn)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami