Ternyata Negara Ini Merupakan Surga Mobil Klasik

Di kuba ini banyak berseliweran mobil-mobil klasik buatan dua negara adi daya, yakni Amerika Serikat dan Rusia.

Minggu, 26 November 2017 15:00
Salah satu mobil klasik di Kuba yang digunakan untuk taksi (jalopnik.com)
Editor : Rohimat Nurbaya
Reporter : Rohimat

Otosia.com - Kuba merupakan surganya mobil klasik di seluruh dunia. Maka dari itu Kuba ini jadi tujuan wisata para pencinta dunia otomotif. Terutama mobil klasik. Di sana sangat mudah menemukan mobil klasik. Justru sebaliknya, susah sekali menemukan mobil keluaran terbaru.

Dikutip dari laman Jalopnik, di kuba ini banyak berseliweran mobil-mobil klasik buatan dua negara adi daya, yakni Amerika Serikat dan Rusia. Banyaknya mobil-mobil buatan tahun lawas itu bukan karena penduduknya tergila-gila dengan mobil klasik, melainkan mereka tidak punya pilihan.

Kuba merupakan negara komunis yang terkena embargo ekonomi dari Amerika Serikat dan sekutunya sejak 1959. Karena itu, warga Kuba hanya bisa memanfaatkan kendaraan yang ada sebagai transportasi sehari-hari.

Jika rusak, mereka akan mencari cara agar mobil bisa kembali berfungsi. Contohnya, menambal radiator dengan buah pisang dan alpukat.Hampir tidak ada suku cadang baru yang bisa ditemukan di negara tersebut.

Selain itu, harga bahan bakar minyak yang mahal membuat mobil jadi barang mewah. Memiliki mobil tua di Kuba, dianggap sama mewahnya dengan mengendarai mobil sedan keluaran terbaru di Amerika Serikat.

"Sebelum 2002, hanya ada mobil buatan AS dan Rusia di sini," ungkap salah satu warga Kuba, Ramirez Malberti.

Kini, beberapa produsen mobil asal Jepang dan Korea Selatan sudah berani membuka diler di negara yang terkenal dengan tokoh Fidel Castro tersebut. Meski begitu, penjualannya tidak bisa dibilang laris, karena tidak banyak warga yang mampu membeli.

Namun pada, 2014 pemerintah Kuba menghapus sistem yang mengharuskan warga negara untuk mendapatkan izin ketika hendak membeli mobil. Kemudian mereka juga mengendurkan pembatasan impor mobil baru. Kebijakan impor mobil di Kuba sekarang tak terlalu ketat.

Kini di Kuba sendiri ada beberapa jenis mobil seperti klasik Amerika asli, klasik Amerika non-asli, mobil dan truk Rusia, kendaraan China,  Korea, Jepang yang lebih baru, dan mobil Eropa. Namun mobil Eropa ini sangat sedikit.

BERITA YANG TAK BOLEH DILEWATKAN LAINNYA!

(kpl/mat)
TAGS :
Join Otosia.com
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami