Ternyata Land Rover Nyaris Memiliki Setir di Tengah

Land Rover diketahui nyaris membuat mobil dengan roda kemudi yang diletakkan di tengah.

Selasa, 11 April 2017 16:15
Foto: Istimewa
Editor : Fitradian Dhimas

Otosia.com - Nyaris seluruh mobil di muka bumi tentu harus dilengkapi dengan rodak kemudi. Dengan penegcualian mobil balap Formula dan segelintir mobil sport, Setir pengemudi terdapat di sisi kanan atau kiri, sesuai regulasi negara penggunanya.

Namun, produsen SUV asal Inggris, Land Rover, diketahui nyaris membuat mobil dengan roda kemudi yang diletakkan di tengah.

Ini disebabkan karena pendiri dari Land Rover adalah petani, jadi dirasa apabila akan lebih praktis apabila setirnya di tengah seperti traktor. Sekaligus menghindari kerepotan membangun mobil setir kanan dan setir kiri.

Prototipe mobil yang dibangun pada tahun 1947 tersebut menggendong dapur pacu 1.6 liter 4 silinder bertenaga 50 hp bikinan Rover yang digabungkan dengan transmisi manual 4 kecepatan dan transfer case dari Jeep Willys.

Pada saat Land Rover memulai produksim pada tahun 1948, roda kemudi di tengah telah disingkirkan, dan gearbox transfer case milik Willys juga digantikan transmisi buatan Land Rover sendiri yang khusus agar dapat mengunci roda, dan memperoleh status ksatria off-road hingga hari ini.

BERITA MENARIK LAINNYA

(kpl/fdk)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami