Ternyata, Isi Transmisi Mobil Tidak Bisa Murni Minyak

Transmisi mobil juga butuh pelumasan. Keberadaannya mungkin kurang begitu diperhatikan karena umumnya fokus perawatan hanya dilakukan terhadap mesin.

Rabu, 21 Maret 2018 18:15
Ilustrasi : transmisi mobil/ dalefesteautomotive.com
Editor : Cornelius Candra
Reporter : Nazarrudin Ray

Otosia.com - Transmisi mobil juga butuh pelumasan. Keberadaannya mungkin kurang begitu diperhatikan karena umumnya fokus perawatan hanya dilakukan terhadap mesin.

Padahal, transmisi mobil punya peran untuk meneruskan daya mesin ke roda. Pilihan gigi yang terjajar membuat pengaturan daya itu bisa bertahap sehingga perjalanan jadi nyaman.

Kerja dari gigi ke gigi inilah yang membutuhkan pelumasan, apalagi tiap gigi sebenarnya menanggung beban tidak hanya mobil, tetapi juga penumpang dan mungkin barang bawaan.

"Roda gigi, menanggung berat mesin, mobil, penumpang, dan lain-lain. Bebannya itu ditanggung oleh satu pasang roda gigi saja. Artinya, berat-berat itu ditransfer oleh beberapa pasang gigi," kata Shofwatuzzaki atau Zaki, Shell Lubricants Technical Advisor Indonesia.

Perubahan dari gigi ke gigi akan menyebabkan terjadinya kontak dengan penghubung yang semuanya berbahan logam. Jika transfernya daya itu sifatnya berat, maka menurut Zaki mobil memerlukan oli yang kental sekali.

"Tapi kalau oli itu isinya cuma minyak, dia tidak bisa menahan yang namanya kontak tadi. Maka diperlukan yang namanya aditif," ujarnya.

Aditif ini sendiri akan menempel di roda gigi. Oleh karena itu, ketika kontak begitu lekat, aditif bisa menahan gesekan.

"Ketika oli sudah tidak bisa menahan beban kontaknya, maka diperlukan aditif yang menempel di sana, di roda gigi," ujarnya.

(kpl/nz/crn)
TAGS :
Join Otosia.com
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami