Ternyata Ini Penyebab 'Kekalahan' Mitsubishi Xpander dari Toyota Avanza

Mitsubishi Indonesia akhirnya ungkapkan penyebab turunnya distribusi Mitsubishi Xpander sampai bisa disalip Toyota Avanza.

Senin, 26 November 2018 21 : 45 WIB
Mitsubishi Xpander (Philkotse.com)
Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Salah satu produk andalan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) saat ini adalah Mitsubishi Xpander. Bahkan, di tahun 2018, mobil MPV ini sempat menjadi mobil terlaris di Indonesia.

Hanya saja, menurut catatan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), pada Oktober 2018 lalu, raihan Xpander secara wholesale (penjualan pabrik ke dealer) hanya mencapai 5.408 unit.

Jumlah tersebut menurun 16 persen dari bulan sebelumnya yang berada di angka 6.276 unit. Hal itu berbanding terbalik dengan rival utamanya, yaitu Toyota Avanza yang justru mengalami peningkatan hingga 9.358 unit dan kembali menduduki takhta.

Menanggapi turunnya wholesale Xpander membuat Head of Sales and Marketing Group MMKSI, Imam Chaeru Cahya menyatakan, Mitsubishi tidak hanya melihat perolehan wholesale saja, melainkan retail sales (penjualan dealer ke konsumen) juga.

“Jadi betul-betul yang di-delivery ke konsumen. Kalau lihat data Oktober kami masih on track, penjualannya itu 6.247 unit. Dibandingkan dengan September lebih tinggi 6.104. Jadi kalau data tersebut itu masih on track sesuai yang kami targetkan,” kata Imam dalam Liputan6.com.

Bahkan Imam mengklaim, hingga saat ini masyarakat Indonesia masih percaya pada Mitsubishi dan itu dibuktikan dengan tingginya Surat Pemesanan Kendaraan.

Kendati demikian, Imam tak menampik saat ini masih ada Xpander yang belum semua terkirim kepada konsumen.

Karena itu, turunnya pada data wholesale, lebih disebabkan bukan karena permintaan melemah, tapi sangat tergantung dari suplai MMKSI.

“Kemaren memang kami konsentrasikan delivery ini ke wilayah Jabodetabek, karena berdasarkan demand yang cukup tinggi. Tetapi sekarang kami coba meratakan delivery ke seluruh Indonesia,” ucap Imam.

“Pabrikan MMKSI sudah komit produksi ditingkatkan. Mudah-mudahan outstanding ini bisa lebih cepat ter-delivery kepada konsumen yang menunggu,” sambungnya.

Imam pun mengakui bahwa pengiriman Mitsubishi Xpander saat ini masih belum merata di seluruh Indonesia, terlebih untuk varian bertransmisi otomatis.

Sumber: Liputan6.com

BACA INI JUGA DONG OTOLOVERS

 (kpl/crn)

TAGS :
Join Otosia.com
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami