Ternyata Ini Kesalahan Pengendara Ketika Oper Gigi

Banyak pengendara tidak sadar ketika menyetir hanya asal jalan dan asal sampai saja, padahal gaya berkendara ini sangat fatal akibarnya.

Senin, 09 Oktober 2017 07:15
Ilustrasi tuas transmisi (Pixabay)
Editor : Rohimat Nurbaya
Reporter : Rohimat

Otosia.com - Setiap orang memiliki gaya sendiri-sendiri saat menyetir mobil. Namun, ternyata gaya berkendara itu bisa berpengaruh pada kondisi kendaran. Banyak yang tidak sadar ketika menyetir hanya asal jalan dan asal sampai saja, tapi tidak pernah memperhatikan kondisi kendaraan dan gaya berkendara.

Misalnya saja, ketika mengganti gigi transmisi atau bahasa awamnya oper gigi. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat mengganti gigi transmisi ini, karana pada umumnya banyak pengendara yang salah saat mengganti gigi transmisi ini. Misalnya terburu-buru.

Tindakan tersebut, biasanya dilakukan oleh pengendara pemula yang merasa grogi atau takut tidak dapat memasukan gigi. Padahal sebaliknya, dengan mengganti secara perlahan risiko gigi menyangkut atau kehilangan momentum putaran mesin dapat diminimalisir.

Kemudian, banyak juga pengemudi yang kerap meletakan tangan pada tuas perseneling. Dampak dari kebiasaan ini memang tidak secara langsung, namun akinat adanya tekanan pada tuas perseneling, gigi transmisi akan lebih cepat aus.

Tips selengkapnya, lihat video di bawah ini:

 BERITA YANG TAK BOLEH DILEWATKAN LAINNYA!VIDEO: Cara Belajar Mengendarai Mobil Saat di Tanjakan Agar Mesin Tak MatiTrik Bermain Offroad Bagi PemulaKetahui Jenis Pemasangan Pelapis Jok Agar NyamanMudah Aus, Rupanya Ada Trik Khusus Dalam Mengganti KoplingApa Solusi Saat Pedal Gas Nyangkut?Inilah Alasan Mengapa Sopir Masih Dibutuhkan di Dalam Mobil Otonom

(kpl/mat)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami