Ternyata, Honda Beat Sudah Ada Sejak 1983

Skutik yang pertama dirilis pada tahun 2008 silam ini ternyata sudah mengaspal sejak 1983. Konsep yang diusung sama dengan Honda Beat masa kini, yaitu skutik.

Selasa, 26 Juni 2018 14:45
Foto: Honda Beat eSP/ AHM
Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Beberapa bulan belakangan, Honda Beat series menjadi motor terlaris di Indonesia. Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia, dalam satu bulan selama tahun 2018, angka distribusinya selalu di atas 100 ribu unit.

Skutik yang pertama dirilis pada tahun 2008 silam ini ternyata sudah mengaspal sejak 1983. Konsep yang diusung sama dengan Honda Beat masa kini, yaitu skutik.

Meski demikian, mesin keduanya jauh berbeda. Honda Beat 1983 atau Honda FC50 masih menggunakan mesin 2-tak 1-silinder berkubikasi 58cc. Canggihnya, dapur pacu tersebut sudah menggunakan pendingin cairan.

Teknologi lain pada Honda FC50 ialah electric-starter yang ditenagai aki 12-volt. Selain itu, skutik ini dilengkapi teknologi V-Tac, sebuah katup kecil pada knalpot yang bisa dibuka dengan tuas di ruang kaki sebelah kiri pengendara.

Fitur tersebut mampu meningkatkan performa Honda FC50 pada putaran 5.500 rpm. V-TACS juga tetap berpengaruh di bawah 5.500 rpm, namun hasilnya tak terlalu signifikan.

Desain Honda Beat 1983 ini terbilang cukup unik. Dek tengahnya jauh lebih besar dari skutik sekarang serta bagian belakangnya begitu kecil.

Menariknya lagi, instrumen panel Honda FC50 lebih lengkap ketimbang Honda Beat masa kini. Di dalamnya terdapat tachometer (rpm), speedometer, suhu mesin, dan indikator bahan bakar.

Sayangnya, Honda FC50 hanya bisa dikendarai oleh satu orang karena dimensinya yang kecil. Skutik jadul ini juga hanya beredar untuk pasar domestik Jepang.

BACA INI JUGA DONG OTOLOVERS

(kpl/crn)
TAGS :
Join Otosia.com
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami