Ternyata Harley-Davidson Listrik Sudah Ada Sejak 1978

Motor listrik sebenarnya bukanlah barang baru bagi Harley-Davidson. Bahkan, purwarupanya sudah ada sejak tahun 1978 atau 41 tahun silam.

Rabu, 06 Maret 2019 13:15
Harley-Davidson listrik 1978 (Motopinas.com)
Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Selama beberapa tahun belakangan Harley-Davidson tampak benar-benar serius dalam menggarap motor listrik mereka. Bahkan, jenis yang ditawarkan pun bermacam-macam, mulai naked-bike, skuter, hingga motor trail.

Tapi, motor listrik sebenarnya bukanlah sesuatu yang baru bagi pabrikan asal Amerika Serikat tersebut. Pasalnya, sudah ada Harley-Davidson listrik sejak tahun 1978 silam.

Mengutip dari Motopinas.com, Harley-Davidson listrik pertama ini dibuat oleh Steve Fehr dari Transitron Electronic Corporation di Honolulu, Hawai. Kala itu, ia menggunakan Harley-Davidson XLH Sportster sebagai basisnya.

Mesin V-Twin OHV 900cc pada moge (motor gede) tersebut diganti dengan mesin listrik Baldor 24 volt 95 ampere dan 4 buah baterai. Tenaganya kemudian disalurkan ke transmisi otomatis 4-percepatan.

Menariknya, prototype Harley-Davidson listrik tersebut mampu hanya membutuhkan 6 detik untuk berakselerasi dari 0-80 km/jam dengan kecepatan maksimum 80 km/jam. Wajar saja, bobotnya mencapai 286 kg.

Kemampuan lain dari prototype Harley-Davidson listrik itu mampu melaju selama 6 jam, secara teori. Untuk melihat kapasitas baterainya, terpasang instrumen panel digital seperti motor pada umumnya.

Setelah total berinvestasi sekitar USD70.000, setara Rp989 jutaan, waktu itu, Harley-Davidson listrik tersebut dilepas oleh Fehr untuk disimpan di museum tranportasi di Mequon sampai tahun 1999.

Bersamaan dengan diperkenalkannya Harley-Davidson LiveWire pada tahun 2014, Harley-Davidson listrik MK2 Sportster buatan Fehr terjual dengan harga USD11.000 atau sekitar Rp155 jutaan (Kurs USD1 = Rp14.134).

BACA INI JUGA DONG OTOLOVERS

(kpl/crn)
TAGS :
Join Otosia.com
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami