Ternyata dari Uang Korupsi e-KTP Bisa Beli 71 Ribu Honda PCX, 230 Ferrari 458

Melihat angka-angka tesebut, tentunya sangat wajar bila kasus korupsi e-KTP ini banyak menyedot perhatian masyarakat.

Kamis, 14 Desember 2017 12:30
Peluncuran Honda PCX (Otosia/Hafidz)
Editor : Rohimat Nurbaya
Reporter : Rohimat

Otosia.com - Kasus korupsi e-KTP sedang menyedot perhatian masyarakat. Setya Novanto, terdakwa dalam kasus tersebut sudah menjalani sidang pertama di Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi (Tipikor).

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengindikasikan, kerugian negara akibat korupsi tersebut mencapai Rp2,3 triliun. Dari dana proyek sebesar Rp5,9 triliun. Sebanyak Rp2,3 triliun dibagi-bagi ke kantong pribadi para pejabat.

Uang Rp2,3 triliun itu tentunya bukan jumlah yang sedikit. Bila digunakan untuk membeli mobil mewah sekelas Lamborghini Aventador saja bisa dapat 383 unit mobil. Lamborghini Aventador ini harganya bisa mencapai Rp6 miliar per unitnya.

Kemudian apabila uang Rp2,3 triliun digunakan untuk membeli mobil mewah lainnya, sekelas Ferrari 458 Italia Spider bisa dapat 230 unit. Mobil ini harganya dipatok mencapai Rp10 miliar.

Apalagi bila uang Rp2,3 triliun itu digunakan untuk membeli mobil Low Cost Green Car (LCGC), seperti Daihatsu Agya dan Sigra atau Totoya Ayla dan Calya. Untuk mobil LCGC sendiri harganya berada di kisaran Rp100 jutaan.

Apabila uang korupsi e-KTP tersebut digunakan untuk membeli mobil LCGC jumlahnya bisa memncapai 23 ribu unit. Dengan jumlah itu, tentunya bisa buat pabrik mobil LCGC sendiri.

Kemudian apabila digunakan untuk membeli sepeda motor jumlahnya akan sangat banyak sekali. Uang korupsi sebesar Rp2,3 triliun itu bila digunakan untuk membeli motor Yamaha NMax yang harga varian termahalnya mencapai Rp30,2 juta, jumlahnya bisa mencapai 76.158 unit.

Angka itu sangat besar sekali, pejualan Yamaha NMax pada Oktober 2017 saja hanya menyentuh angka 34.788 unit. Tentunya itu pun, dengan kerja keras sales yang luar biasa.

Kemudian bila digunakan untuk membeli motor Honda PCX keluaran terbaru, yang harga varian termahalnya Rp32 jutaan, bisa dapat 71.875 unit sepeda motor.

Melihat angka-angka tesebut, tentunya sangat wajar bila kasus korupsi e-KTP ini banyak menyedot perhatian masyarakat. Jumlah uangnya sangat besar sekali.

BERITA MENARIK LAINNYA

(kpl/mat)
TAGS :
Join Otosia.com
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami