Ternyata Biaya Urus SNI Pelumas Lebih Mahal dari Toyota C-HR

Semua persyaratan yang terdapat di SNI, sudah dimasukkan ke dalam NPT yang sudah lama berlaku untuk menjaga mutu pelumas yang beredar. Lalu, untuk mendapatkan SNI untuk standarisasi pelumas ini bagaimana?

Sabtu, 12 Mei 2018 14:45
Foto Ilustrasi by Cars.com
Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Ada beberapa hal yang harus dicantumkan produsen pelumas pada produknya. Salah satunya adalah Nomor Pelumas Terdaftar (NPT), sesuai dengan aturan yang dibuat oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

Sekretaris jenderal Perhimpunan Distributor Importit dan Produsen Pelumas Indonesia (Perdippi), Heri Djohan, mengatakan aturan tersebut telah dijalankan sejak 20 tahun lalu. Ributnya soal aturan pelumas ini setelah munculnya wacana pelumas wajib SNI.

"Setiap merek juga sudah harus ada NPT-nya, dengan mengikuti tes fisika kimia di Lemigas. Jika sudah lulus, baru badan Migas bisa mengeluarkan NPT," jelas Djohan.

Menurutnya, jika nantinya SNI diberlakukan juga tidak menambah jaminan mutu pelumas yang beredar. Pasalnya, semua persyaratan yang terdapat di SNI, sudah dimasukkan ke dalam NPT yang sudah lama berlaku untuk menjaga mutu pelumas yang beredar.

Lalu, untuk mendapatkan SNI untuk standarisasi pelumas ini bagaimana?

"Kami sudah menanyakan kepada pihak PT Sucofindo (pihak yang digandeng Kemenperin untuk uji SNI), berapa biaya pengurusan SNI. Dan biaya yang dibutuhkan sekitar Rp 500 juta per jenis dan per merek, berlaku seama empat tahun," tambah Djohan.

Padahal, pelumas yang beredar memiliki jenis yang beragam. Hal itu tentu saja bakal membebankan merek dan berimbas kepada konsumen di Indonesia.

Selain itu, biaya tes NPT, setiap merek harus mengeluarkan baiya Rp 4 juta sampai Rp 5 juta yang berlaku selama 5 tahun.

"Kalau setiap perusahaan pelumas mempunyai 40 jenis pelumas yang kena SNI, maka biaya yang dibutuhkan Rp 20 miliar selama empat tahun," tandasnya.

Sumber: Liputan6.com

SUDAH BACA INI BELUM?

(kpl/tys)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami