Ternyata Begini Cara Polisi Selidiki Kronologi Kecelakaan Lalu Lintas

Berikut ini video cara polisi menyelidiki kronologi kecelakaan lalu lintas

Selasa, 14 September 2021 13:15
Ternyata Begini Cara Polisi Selidiki Kronologi Kecelakaan Lalu Lintas Polisi selidiki kecelakaan (TikTok/@humaspoldabanten)

Editor : Ahmad Muzaki

Otosia.com - Saat terjadi kecelakaan lalu lintas di jalan, polisi akan bertindak cepat untuk mengungkap kronologi kejadian. Dengan begitu bisa diketahui secara pasti pengendara yang paling bertanggung jawab.

Ternyata polisi mempunyai metode tersendiri untuk kronologi kecelakaan. Hal ini diungkap langsung oleh akun TikTok @humaspoldabanten pada awal September 2021.

1 dari 5 Halaman

Metode Traffic Accident Analyst

Dari video yang diunggah, terkuak metode yang digunakan adalah Traffic Accident Analyst atau TAA. Metode ini dipakai untuk menjelaskan kejadian kecelakaan dengan cara merekam tempat kejadian perkara (TKP)

Dari rekaman tersebut polisi dapat merekontruksi kejadian sebelum, sesaat, dan sesudah terjadinya kecelakaan.

"Sehingga menghasilkan rekaman foto atau video yang dapat digunakan untuk merekontruksi kejadian sebelum, sesaat, dan setelah kejadian lakalantas," penjelasan dalam video.

2 dari 5 Halaman

Proses Penandaan

Dalam video, terlihat polisi melakukan penandaan terhadap TKP. Hal ini dilakukan untuk menentukan posisi perekaman untuk menghasilkan rekaman visual kecelakaan.

"Ini adalah proses penandaan untuk menetukan posisi perekaman 3D laser scanner TAA yang akan menghasilkan visual kecelakaan dari sebelum, sesaat, dan setelah kecelakaan," terangnya.

3 dari 5 Halaman

Jika sudah selesai, maka akan dihasilkan sebuah rekaman visual. Rekaman tersebut kemudian akan diproses oleh polisi. Hasil akhirnya adalah video simulasi kecelakaan yang telah terjadi.

"Hasil dari rekaman tersebut akan diproses oleh Polda Banten dan menjadi video simulasi kecelakaan lalu lintas," tutupnya.

4 dari 5 Halaman

Komentar Netizen

Video yang telah disukai lebih dari 90 ribu kali ini mendapatkan beragam komentar netizen. Banyak dari mereka yang malah memberikan tanggapan kocak.

"apakah anda tidak percaya adanya mesin waktu? bahkan polisi sudah menggunakannya," tulis impossible

"mau nanya nih ka, bagaimana cara polisi mengetahui pengendara yang punya SIM sama yang enggak," komentar Pacarnya Mba Orin

"aku kira asal2an di karang.. semenjak liat vidio ini saya puas bisa tidur sdh mengerti skrg," jelas Raden Pane

"akhirnya gw kagak kepo lagi bro, ternyata pakai alat pendeteksi ini tho ternyata tidak sekedar sketsa tapi alat ini kek animasi banget dah," ungkap youngblood9653

"dan bagaimana polisi tau kalo gw nggak bawa sim atau stnk?," tanya fer_ajah

5 dari 5 Halaman

@humaspoldabanten

Hai guys... Penasaran kan bagaimana caranya Polisi bisa tau kronologi kecelakaan lalu lintas yang terjadi ? Yuk, kita liat gimana prosesnya ???? ##fyp

? Wali Yank by Iyuz misterius - Iyuz misterius

 

 

(kpl/ahm)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami