Ternyata, Audi Juga Pernah Bikin Sepeda Motor Bernama Audi Z 02

Tahun 1977, Audi pernah membuat sebuah sepeda motor bernama Audi Z02. Sportbike ini adalah hasil pengembangan tim Audi pada tahun 1975 yang terdiri dari 3 orang teknisi dan 2 orang mekanik.

Senin, 03 September 2018 14:45
Foto: 4legend.com
Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Merek Audi saat ini memang lebih dikenal sebagai produsen mobil. Pabrikan yang bermarkas di Ingolstadt, Jerman itu menuai sukses dengan berbagai modelnya di daratan Eropa dan Amerika.

Ternyata, di era 1970-an, tepatnya 1977, Audi pernah membuat sebuah sepeda motor bernama Audi Z02. Sportbike ini adalah hasil pengembangan tim Audi pada tahun 1975 yang terdiri dari 3 orang teknisi dan 2 orang mekanik.

Mengutip dari 4legend.com, tim kecil ini bekerja secara diam-diam di pusat riset dan pengembangan Audi di Ingolstadt, Jerman. Pasalnya, para petinggi Audi sekaligus bos Volkswagen waktu itu sebenarnya menolak proyek tersebut.

Namun, Direktur Teknis VW saat itu, Profesor Piech antusias pada pengembangan sepeda motor Audi. Kemudian, berjalanlah riset tersebut dan dikepalai oleh Wlater Treser sebelum akhirnya berpidah ke Roland Gumpert, salah satu teknisi Audi.

Berbekal mesin Audi 50, 4-silinder 1.093 cc, akhirnya mereka menunjukkannya pada Dr. Ing. Werner P. Schmidt, Direktur Pemasaran VW kala itu. Namun, Scmidht justru marah besar dan mengakhiri presentasi Gumpert, bahkan sebelum dimulai. Sejak saat itu, proyek Audi Z02 akhirnya dihentikan sehingga motor tersebut hanya ada 1 unit di dunia.

Sebenarnya, Audi Z02 merupakan sepeda motor high-end. Basisnya menggunakan BMW R 90S yang dibeli oleh Gumpert pada tahun 1975. Mesin motor tersebut diganti dengan milik Audi 50 dan dikawinkan dengan gearbox dari Norto.

Sementara itu, desainer Audi merancang bentuk tangki, jok, dan cover body. Tampilannya pun benar-bernar bernuansa era 1970-an dengan fairing boxy dan lampu bulat serta penggunaan windshield di atasnya.

Anehnya, keberadaan Audi Z02 sempat dirahasiakan tanpa alasan yang jelas. Barulah pada tahun 1999 motor ini ditunjukkan ke dunia. Kini, sportbike tersebut berada di museum kendaraan di Ingolstadt, Jerman.

BACA INI JUGA DONG OTOLOVERS

(kpl/crn)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami