Teknologi Baru Nissan, Ingatkan Ada Barang di Kabin Belakang

Nissan menghadirkan teknologi baru yang bisa mengingatkan pengendara ketika ada barang tertinggal di kabin belakang.

Senin, 02 September 2019 11:15
Teknologi Baru Nissan, Ingatkan Ada Barang di Kabin Belakang Barang di kabin belakang (Carscoops.com)

Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Meninggalkan barang di kabin belakang mobil terbilang wajar. Namun, situasinya akan berbeda ketika muatan itu bernilai tinggi atau pun kendaraan terparkir di siang hari yang terik.

Untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan, seperti pencurian, ledakan, atau bahkan kematian, Nissan mengahdirkan teknologi baru bernama Rear Door Alert (RDA).

Mengutip dari Carscoops.com, teknologi ini sudah diterapkan pada beberapa mobilnya di Amerika, seperti Altima, Armada, LEAF, Murano, Maxima, Pathfinder, Rogue, dan Rogue Sport.

Rencananya, RDA akan menjadi fitur standar bagi semua mobil Nissan pada tahun 2020 mendatang. Lantas, bagaimana cara kerjanya?

1 dari 1 Halaman

Cara Kerja RDA

Cara Kerja RDA

Secara sederhana, terdapat sensor yang mendeteksi saat pintu belakang dibuka dan ditutup, baik sebelum maupun sesudah mobil berjalan.

Jika pintu belakang dibuka sebelum perjalanan, dan kemudian tak dibuka lagi setelah mobil terparkir, sistem akan mengingatkan pengemudi mengenai hal tersebut. Notifikasi ini ditampilkan di instrumen panel.

Apabila tanda ini diabaikan oleh pengendara dan tetap meninggalkan mobil tanpa membuka pintu belakang, sistem akan secara otomatis membunyikan klakson berkali-kali.

Kehadiran ini diharapkan mampu mengurangi angka kriminalitas. Selain itu, belakangan di Amerika ramai terjadi kasus kematian anak kecil yang tertinggal di dalam mobil.

(kpl/crn)

Join Otosia.com
KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami