Tata Segera Produksi Mobil Bertenaga Udara

Pada 2008 Tata sempat memperkenalkan mobil konsep yang disebut 'Mini CAT'. Kendaraan yang hanya mengandalkan tekanan udara sebagai penggeraknya itu sempat hilang kabar sampai akhirnya tiba-tiba produsen asal India itu mengaku siap mewujudkannya dalam waktu dekat, setidaknya awal Agustus 2012.

Kamis, 01 Maret 2012 12:46
Mini CAT milik Tata Motors (Foto: Themotorreport)
Editor : Anton
Kapanlagi.com - Pada 2008 Tata sempat memperkenalkan mobil konsep yang disebut 'Mini CAT'. Kendaraan yang hanya mengandalkan tekanan udara sebagai penggeraknya itu sempat hilang kabar sampai akhirnya tiba-tiba produsen asal India itu mengaku siap mewujudkannya dalam waktu dekat, setidaknya awal Agustus 2012.

Mini CAT bisa jadi tantangan serius bagi mobil konvensional berbahan bakar cair dan gas, atau bahkan elektrik dan hibrida. Pasalnya, mobil dengan badan dari serat kaca yang ringan dan sasis tubular yang pemasangannya menggunakan lem (bukan dilas) itu lebih unggul dari mobil hemat semacam kendaraan elektrik sekalipun.

Tata mengklaim bahwa biaya pengisian tenaganya hanya sebanyak listrik yang dikonsumsi untuk menjalankan kompresor tekanan angin, biasanya sekitar 99 rupee atau sekitar Rp. 18.000 jika dikonversi. Di Indonesia, biaya itu tak ubahnya biaya isi bahan bakar sepeda motor.

Selain itu, pengisian tenaga angin hingga penuh hanya butuh waktu 3 - 4 jam, atau dua kali lebih cepat dari mobil elektrik yang rata-rata makan 8 jam. Dalam kondisi penuh, Mini CAT bisa melaju sejauh 300 km.

Mantan insinyur F1, Guy Negre, dan timnya di Motor Development International mengembangkan mobil ini bersama Tata pada 2008 dengan bentuknya yang siap untuk dipasarkan.

Saat mobil diluncurkan pada tahun itu, harganya diperkirakan sekitar 393.000 rupee (Rp. 72,8 juta) atau dua kali harga Tata Nano. Kita tunggu saja, apakah mobil yang mungkin secara subyektif dalam hal desain dipandang miring ini bisa meraih pamor dan sukses di pasaran, seperti halnya Nano.  (kpl/why/bun)

TAGS :
Join Otosia.com
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami