Tak Terkejar, Toyota Innova Terlalu Perkasa Bagi Rivalnya

Toyota Innova masih mendominasi segmen medium MPV.

Rabu, 21 Oktober 2020 16:45
Tak Terkejar, Toyota Innova Terlalu Perkasa Bagi Rivalnya Toyota Innova terbaru (Toyota)

Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) pekan lalu resmi merilis model terbaru dari Toyota Innova. Padahal, versi yang beredar sebelumnya sama sekali tak tersentuh oleh kedua rival sekelasnya, yakni Wuling Cortez dan Isuzu Panther.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Toyota Innova pada September 2020 lalu mencatatkan penjualan wholesales (dari pabrik ke dealer) sebesar 938 unit. Tapi, angka ini turun dari periode Agustus yang bisa mencapai 2.482 unit.

1 dari 2 Halaman

Wuling Cortez yang sempat digadang-gadang bisa menjadi rival kuat pun tak berkutik. Di periode September 2020, mobil medium MPV asal China ini hanya terdistribusi sebanyak 135 unit. Meski demikian, angka ini menunjukkan peningkatan nyaris 2 kali lipat dari wholesales Agustus yang hanya 73 unit.

Sementara itu, Rajanya Diesel, Isuzu Panther, benar-benar kehilangan mahkotanya. Setelah mencatatkan penjualan wholesales sebanyak 20 unit di Agustus 2020, mobil MPV penguasa era 1990-an ini hanya terdistribusi 19 unit pada September kemarin.

2 dari 2 Halaman

Wuling Victory

Jelas terlihat bahwa Toyota Innova berhasil mendominasi segmen medium MPV di Indonesia, bahkan selama beberapa tahun belakangan. Rumornya, mobil bersasis ladder-frame ini akan memiliki pesaing baru pada 2021 mendatang dari China, yakni Wuling Victory.

Tapi, Wuling Indonesia saat ini masih menutup rapat terkait kemungkinan hadirnya Wuling Victory di pasar otomotif Tanah Air. Dengan harga terjangkau dan segudang fitur canggih, mampukah mobil tersebut menggoyahkan laju Toyota Innova? Menarik untuk ditunggu.

(kpl/crn)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami