Tak targetkan podium, Marc Marquez kaget gagal finis

Tak nyaman di atas RC213V sepanjang pekan balap, Marc Marquez yakin dirinya tak cukup kompetitif untuk merebut podium, namun tetap kaget dirinya justru gagal finis.

Senin, 22 Mei 2017 13:15
Marc Marquez (c) AFP
Editor :

Otosia.com - Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez mengaku dirinya memang tak muluk mematok target podium di MotoGP Prancis, Minggu (21/5), mengingat dirinya tak nyaman di atas RC213V. Meski begitu, kepada Crash.net, sang juara dunia bertahan ini justru mengaku kaget dirinya melakukan kesalahan hingga gagal finis.

Start dari posisi kelima, Marquez merangsek ke posisi ketiga pada Tikungan 1 namun tersalip oleh rider Movistar Yamaha MotoGP, Valentino Rossi sebelum Lap 2. Sejak itu, Marquez berusaha keras bertahan di posisi keempat karena tak bisa mengimbangi ritme tiga rider Yamaha di depannya.

Sayang, Marquez terjatuh di Tikungan 3 pada Lap 18 dan gagal finis untuk kali kedua musim ini. "Sangat disayangkan, karena saya sangat fokus demi finis. Saya tak pernah nyaman dengan ban depan. Motor kami tak stabil di tikungan cepat. Saya menutup gas dan ban depan selip. Mungkin saya terlalu miring, karena saya mengalami getaran di tengah tikungan," ujarnya.
Marc Marquez saat terjatuh di Le Mans, Prancis. (c) MotoGP
Marquez pun mengaku para rider dan motor Yamaha jauh lebih stabil di Le Mans, begitu pula sang tandem, Dani Pedrosa dan rider LCR Honda, Cal Crutchlow. Rider Spanyol ini menyatakan dirinya mengambil risiko dengan memakai setup motor yang jauh berbeda dengan keduanya, hingga butuh analisis lebih jauh untuk mencari penyebab kecelakaannya.

"Yamaha lebih kuat, tapi saya paham ritme saya, dan target saya adalah memperebutkan posisi 4 atau 5, dan kompetitif sampai akhir. Saya mencoba berhati-hati, tapi atas beberapa alasan tertentu ban depan saya selip. Saya tak mengira akan melakukan kesalahan ini, tapi untungnya kami tak terlalu jauh tertinggal, hanya 27 poin dari puncak," tutupnya.

Kini Marquez melorot ke peringkat keempat pada klasemen pembalap dengan koleksi 58 poin, tertinggal 27 poin dari rider Movistar Yamaha MotoGP, Maverick Vinales yang ada di puncak, dan tertinggal empat poin dari Rossi di peringkat ketiga. (cn/kny)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami