Tak Sadar Langgar Aturan, Anies Segera Copot Strobo Dari Mobilnya

Tidak hanya mobil probadi, rupanya hal serupa juga berlaku bagi mobil prbadi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang belum memanfaatkan fasilitas mobil dinas.

Jum'at, 20 Oktober 2017 19:30
Foto: merdeka.com
Editor : Fitradian Dhimas

Otosia.com - Polisi sedang gencar menindak tegas pengendara kendaraan pribadi yang menggunakan rotator atau lampu isyarat dan sirine. Alasannya, lampu sirine hanya diperuntukan bagi kendaraan tertentu saja, tidak bisa dipakai kendaraan berpelat hitam.

Tidak hanya mobil probadi, rupanya hal serupa juga berlaku bagi mobil prbadi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang belum memanfaatkan fasilitas mobil dinas untuk berkegiatan. Anies memilih menggunakan mobil pribadi dengan jenis Toyota Innova dengan nomor pelat B 2507 BUK.

Mobil Anies ternyata dipasang lampu strobo di bagian depan. Padahal, menurut aturan Undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan, sudah diatur pelarangan menggunakan lampu strobo.

Saat dikonfirmasi, mantan menteri pendidikan ini tidak mengetahui jelas jika mobilnya dilengkapi oleh lampu strobo. Namun jika sudah ada aturan yang melarang ia akan taat pada aturan tersebut.

"Saya juga enggak tahu sudah di situ. Begini, kita akan ikut aturan. Begitu aja," jelas Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (19/10).

Karena menyalahi aturan, Anies siap untuk mencopot lampu strobo dari mobil pribadinya itu. "Iyalah dicopot," ungkap Anies.

Sebagai informasi larangan penggunaan sirine dan lampu strobo atau rotator sebenarnya sudah diatur pemerintah dalam Pasal 59 ayat 5 Undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan. Dalam aturan itu, rotator atau lampu strobo disebut dengan lampu isyarat.

Selain itu jika dilanggar akan hukuman ada ancaman penjara selama satu bulan atau denda paling banyak Rp 250 ribu sesuai dengan Pasal 287 UU nomor 22 tahun 2009.

BERITA MENARIK LAINNYA

(kpl/fdk)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami