Tak Hanya Seri Qatar, MotoGP Thailand 2020 Juga Ditunda Akibat Virus Corona

MotoGP 2020 seri Thailand yang dijadwalkan pada 22 Maret 2020 ikut ditunda, menyusul semakin merebaknya virus corona atau Covid-19.

Senin, 02 Maret 2020 19:15
Tak Hanya Seri Qatar, MotoGP Thailand 2020 Juga Ditunda Akibat Virus Corona MotoGP 2020 seri Thailand ditunda (Bangkok Post)

Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Wabah Virus Corona sudah menyebar hampir di seluruh penjuru dunia. Hari ini, 2 orang di Indonesia dinyatakan terinfeksi virus Corona. Sebelumnya, negara-negara lain pun sudah terkena wabah ini dan berimbas pada berbagai macam hal.

Balapan MotoGP 2020 seri Qatar ikut dibatalkan akibat virus Corona. Seri pembuka musim 2020 itu harusnya digelar pada akhir pekan ini, 6-8 Maret 2020. Hanya saja balapan kelas Moto2 dan Moto3 seri Qatar masih terus dilanjutkan.

Selain seri Lossail Qatar, MotoGP 2020 seri Thailand yang dijadwalkan pad 22 Maret 2020 juga ditunda. Melansir Paultan, penundaan balapan di Buriram itu menyusul pengumuman dari Thailand Deputy Prime Minister and Public Health Minister, Anutin Charnvirakul. Jadwal MotoGP 2020 seri Thailand itu ditunda sampai wabah virus corona itu terkendali atau mereda.

"Sangat penting untuk menunda Thailand Grand Prix 2020 di Buriram, yang dijadwalkan akhir Maret untuk jangka waktu yang tidak terbatas sejak Covid-19 dinyatakan sebagai penyakit menular berbahaya merebak di seluruh dunia. Ini adalah langkah serius pemerintah untuk menangani masalah tersebut. Perdana Menteri sudah diberitahu tentang hal ini," jelas Anutin, seperti dikutip dari Bangkok Post.

 

1 dari 2 Halaman

MotoGP Qatar 2020 Dibatalkan

MotoGP Qatar 2020 Dibatalkan

Gran Prix Qatar yang diadakan di Sirkuit Losail akhir pekan ini 6-8 Maret akan ditiadakan untuk kelas MotoGP. Namun untuk Moto2 dan Moto3 tetap dilangsungkan. Keputusan ini resmi diputuskan oleh Federasi Balap Motor Internasional (FIM), Asosiasi Tim Balap Internasional (IRTA), dan Dorna Sports

Hal ini diumumkan melalui situs resmi MotoGP pada Senin (2/3/2020), menyusul adanya larangan travel ke Qatar setelah negara tersebut mengumumkan kasus pertamanya pada Minggu (1/3/2020). Qatar pun mengadakan karantina selama dua pekan untuk orang yang baru-baru ini mengunjungi Italia.

Keputusan ini pun tentu sangat memengaruhi MotoGP, karena sebagian besar peserta dan stafnya berasal dari Italia dan Jepang. Sebelumnya, pada Selasa (25/2/2020), Qatar telah melarang warga negaranya untuk pergi menuju beberapa negara, terutama Italia dan Jepang. Beberapa kru tim MotoGP bahkan disarankan tak pulang ke Italia dan Jepang setelah menjalani uji coba pramusim pada 22-24 Februari.

Meski begitu, beberapa pebalap dan kru sudah telanjur pulang ke Italia, seperti Valentino Rossi, Andrea Dovizioso, Francesco Bagnaia, Franco Morbidelli, dan Danilo Petrucci, serta para pimpinan dan kru dari Ducati Corse dan Aprilia Racing.

Para peserta Moto2 dan Moto3 sendiri telah berada di Qatar sejak Kamis (27/2/2020) untuk menjalani uji coba pramusim di Sirkuit Losail, dan tak kembali ke negara masing-masing. Dengan begitu, mereka akan menjalani pekan balap seperti biasa.

2 dari 2 Halaman

Pernyataan Resmi FIM, IRTA, dan Dorna Sports

"FIM, IRTA, dan Dorna dengan penuh penyesalan harus mengumumkan pembatalan seluruh sesi kelas MotoGP di Grand Prix Qatar, termasuk balapan.

"Terus merebaknya wabah virus corona telah menciptakan larangan travel di Qatar yang berdampak pada penumpang dari Italia dan beberapa negara lain. Hari ini, semua penumpang yang tiba di Doha dengan penerbangan langsung dari Italia, atau telah berada di Italia selama dua pekan terakhir, akan langsung dikarantina minimal selama 14 hari. Italia jelas memiliki peran penting bagi kejuaraan ini dan kelas MotoGP, baik di luar maupun dalam lintasan, dan atas alasan ini keputusan diambil untuk membatalkan kompetisi kelas tertinggi.

"Mengingat tim dan pebalap Moto2 dan Moto3 sudah ada di Qatar untuk tiga hari uji coba resmi di Losail International Circuit awal pekan ini, balapan kedua kelas memungkinkan untuk digelar. Kelas ringan dan intermediate akan berkompetisi dalam seri pembuka pada 6-8 Maret. Hal yang sama diterapkan kepada Idemitsu Talent Cup, yang akan menjalani dua balapan dalam Grand Prix Qatar seperti rencana awal."

(kpl/tys)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami