Tak Hanya Satu, Ini Berbagai Jenis Motor Sport

Siapa yang tak kenal dengan motor sport. Jenis ini kerap diidentikan dengan kecepatan dan posisi riding yang merunduk. Desainnya pun terkenal agresif dan mengusung mesin gahar.

Minggu, 06 Mei 2018 14:15
Foto: Ducati Panigale/ Ducati.com
Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Siapa yang tak kenal dengan motor sport? Jenis ini kerap diidentikan dengan kecepatan tinggi dan posisi riding yang merunduk. Desainnya pun terkenal agresif dan mengusung mesin gahar.

Indonesia pun memiliki bermacam model motor sport, mulai dari Honda CBR150R dan Yamaha YZF-R15 di sektor entry-level, sampai BMW S1000RR.

Ternyata, motor sport memiliki berbagai versi karena berpadu dengan jenis lainnya. Dilansir dari Reddit.com, ini lah beberapa jenis motor sport yang beredar di pasaran:

1. Sport

Yamaha YZF-R1M

Yang paling lazim ditemui ialah motor pure-sport. Posisi ridingnya relatif merunduk karena posisi kemudi clip-on yang rendah.

Selain itu, mesin yang disematkan memiliki performa mengerikan. Handling motor sport juga cenderung lincah.

Beberapa motor beraliran pure-sport ialah Kawasaki Ninja-series, Yamaha YZF-R1M, dan Ducati Panigale.

2. Naked-sport

KTM Duke 390

Bedanya dengan motor sport pada umumnya ialah jenis ini tidak memiliki fairing atau cover body bagian depan. Stangnya tersedia dalam dua model, yakni standar dan clip-on.

Mengenai dapur pacu, biasanya motor naked-sport memiliki mesin kembar dengan motor sport di kelas yang sama. Posisi ridingnya pun sedikit lebih naik ketimbang sport-fairing.

Motor jenis ini telah banyak beredar, di antaranya Honda CB150R, KTM Duke-series, dan Kawasaki Z-series.

3. Sport-touring

Varian sport touring menggabungkan performa gahar motor sport dan kenyamanan motor touring. Biasanya, motor jenis ini memiliki bobot yang berat untuk menjaganya tetap stabil.

Namun, karena dibuat untuk touring, tenaga mesin tentunya sedikit berkurang. Meski demikian, handlingnya pun dibuat selincah motor sport.

Beberapa motor naked sport pun telah dipasarkan, seperti Kawasaki ZX1400R, Honda Goldwing, dan BMW K1600GT

4. Supermoto

Aprilia Dorsoduro

Konsep supermotor terlahir dari dirt-bike yang dikawinkan dengan motor sport. Karena memiliki postur jangkung, maka bobotnya pun lebih ringan ketimbang sportbike.

Selain itu, traksi dan suspensinya lebih baik dari dirtbike pada umumnya. Namun, mesin yang diusung tak segahar motor sport-fairing.

Beberapa motor supermoto yang beredar di pasaran ialah Yamaha XT660X, Ducati Hypermotard, dan Aprilia Dorsoduro.

BACA INI JUGA DONG OTOLOVERS

(kpl/crn)
TAGS :
Join Otosia.com
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami