Tak Hanya Mobil, Sepeda Motor Juga Bisa Otonom

Tapi bagaimana dengan dengan sepeda motor otonom atau riderless? Sudah pernah tahu?

Jum'at, 14 September 2018 21:15
Foto by Paultan
Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Mobil otonom atau nirsopir sudah familiar di kalangan masyarakat. Bahkan beberapa sudah melakukan uji jalan di jalanan publik.

Tapi bagaimana dengan dengan sepeda motor otonom atau riderless? Sudah pernah tahu?

Melansir Paultan, baru-barui ini, dalam BMW Motorrad Techday 2018, di Miramas, Perancis, BMW pun memamerkan kemampuan rideless produknya. Sepeda motor otonom itu didemonstrasikan menggunakan R1200GS.

Demonstrasi itu menunjukkan motor yang melaju tanpa pengendara, tapi berakselerasi, bernavigasi di jalur uji dan memperlambat laju lalu berhenti. Semua itu murni tanpa campur tangan manusia yang mengendalikan.

Foto by Paultan

Namun, BMW Motorrad mengatakan tak memiliki rencana untuk sepenuhnya mengembangkan motor otonom. Sebaliknya, teknologi sepeda motor otonom BMW akan digunakan sebagai dasar untuk mengembangkan sistem dan fungsi untuk meningkatkan keselamatan sepeda motor.

Prototipe sepeda motor otonom akan digunakan untuk mengumpulkan data, yang kemudian digunakan untuk meningkatkan keselamatan dan kenyamanan berkendara. Ini termasuk deteksi situasi jalan yang berbahaya seperti berbelok di persimpangan atau saat mengerem tiba-tiba.

Hasil teknologi yang dikembangkan akan diterapkan pada kendaraan roda dua dan roda empat.

Selain itu, BMW Motorrad juga menghadirkan teknologi masa depan lainnya yang berlaku untuk sepeda motor, seperti lampu depan, lampu sein, dan lampu laser. Juga menampilkan kerangka sepeda motor yang sepenuhnya diproduksi menggunakan proses percetakan 3D, termasuk lengan ayun belakang.

SUDAH BACA INI BELUM?

(kpl/tys)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami