Tak Bisa Ikut Uji Emisi Gratis, Bagaimana Solusinya?

Sudah ada beberapa bengkel yang bisa mengeluarkan surat bukti uji emisi kendaraan bermotor.

Kamis, 21 Januari 2021 19:45
Tak Bisa Ikut Uji Emisi Gratis, Bagaimana Solusinya? Uji emisi kendaran bermotor (Liputan6.com)

Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Sejak awal Januari 2021 lalu, Dinas Lingkungan Hidup bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah beberapa kali menggelar uji emisi gratis. Ini merupakan kelanjutan dari diberlakukannya Pergub DKI Jakarta No.66 Tahun 2020.

Sebenarnya masih ada kesempatan bagi masyarakat untuk mengikuti uji emisi gratis. Dinas Lingkungan Hidup akan menggelar kembali layanan pemeriksaan gas buang tersebut di kantor pusatnya pada pekan depan.

1 dari 2 Halaman

"Kami menjadwalkan pada Selasa sampai Kamis pekan depan, 26-28 Januari 2021, di Kantor Dinas Lingkungan Hidup, Jl. Mandala V no.67 Jakarta Timur. Waktunya sama, pukul 09.00-12.00 WIB," terang Yusiono, Kabid Pengendalian Dampak Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta.

Yusiono pun menyebut bahwa antusiasme masyarakat selama beberapa kali uji emisi gratis ini sangat tinggi. Bahkan, sudah banyak mobil dan motor yang mengantre mulai 06.00 WIB. Akhirnya, layanan pun dibuka pada lebih awal dari jadwal, yang semula pukul 09.00 WIB menjadi 07.00 WIB.

2 dari 2 Halaman

"Tapi, untuk masyarakat yang tidak bisa mengikuti uji emisi gratis dari kami, dapat menguji kendaraannya di bengkel-bengkel yang sudah sesuai syarat dari kami," tambahnya saat berbincang dengan redaksi Otosia pagi tadi (21/1).

"Daftarnya bisa lihat di aplikasi uji e-uji emisi. Di situ lengkap dan sudah dikategorikan per kota. Jadi bisa memilih mana yang terdekat. Tapi memang berbayar. Untuk tarifnya sepertinya berbeda setiap bengkel," pungkas Yusiono.

(kpl/crn)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami