Tak Bawa Ban Cadangan dan Dongkrak Bisa Kena Denda

Membawa perlengkapan seperti ban cadangan, dongkrak dan segitiga pengaman ternyata merupakan kewajiban yang harus diikuti setiap pengendara.

Selasa, 21 Februari 2017 21:15
Peralatan Dongkrak (foto: Narpro.com)
Editor : Fajar Ardiansyah
Reporter : Muhammad Hafid

Otosia.com - Sudahkah Anda memeriksa kelengkapan perlengkapan kendaraan roda empat Anda? Membawa perlengkapan seperti ban cadangan, dongkrak dan segitiga pengaman ternyata merupakan kewajiban yang harus diikuti setiap pengendara.

Hal ini tertuang pada pasal 57 ayat 1 dan 3 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan .

Dimana setiap kendaraan bermotor roda empat yang dioperasikan di jalan wajib dilengkapi dengan perlengkapan, antara lain sabuk keselamatan, ban cadangan, segitiga pengaman, dongkrak, pembuka roda, helm dan rompi pemantul cahaya bagi pengemudi kendaraan bermotor beroda empat atau lebih yang tidak memiliki rumah-rumah, dan peralatan pertolongan pertama pada kecelakaan lalu lintas.

Apabila pengendara diketahui menyalahi aturan di atas, risiko terkena sanksi dapat terjadi, seperti yang tertuang pada pasal 278 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Sanksi tersebut yakni berupa ancaman pidana selama 1 bulanatau denda paling banyak sebesar Rp 250 ribu.

Oleh karena itu, ada baiknya sebelum berkendara periksa terlebih dahulu kelengkapan kendaraan ya.

BERITA YANG TAK BOLEH DILEWATKAN LAINNYA!

    (kpl/fid/fjr)
    TAGS :
    KOMENTAR

    BERITA TERKAIT





    Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
    Pilih Mobilmu Sekarang

    Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami