Tak Banyak yang Tahu, Ini Manfaat Berdirikan Wiper saat Parkir di Tempat Panas

Saat parkir di tempat yang panas, eksterior ataupun interior kendaraan bisa saja mendapatkan dampak buruk. Seperti wiper mobil yang getas.

Kamis, 14 Maret 2019 21:45
Ilustrasi (palnetizen)
Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com -

Udara pengap nan panas seperti sudah bersahabat dengan tempat parkir. Bahkan jika parkir di tempat terbuka, meski tak pengap tapi panas masih terasa, karena sinar matahari.

Efeknya, tentu bisa memengaruhi eksterior dan interior mobil. Salah satu dampak buruknya adalah bahan-bahan yang terbuat dari karet akan mengeras, tak terkecuali karet wiper. Jika mengeras, maka saat digunakan wiper justru berpotensi menggores kaca.

Karena itu, biasakan untuk selalu menegakkan batang wiper agar tidak menempel langsung pada kaca. Sebab, kaca adalah konduktor panas. Dengan terus menempel dalam waktu yang lama, maka potensi karet wiper getas akan meningkat.

Cara lain yang dapat dilakukan selain mengangkat batang wiper adalah melapisi bagian karet yang bersentuhan dengan kaca mobil, baik dengan koran atau pelapis lainnya. Meskipun manfaatnya sama, tetapi ada keuntungan lain yang didapat dari cara ini.

Terlalu sering mengangkat wiper dapat membuat pegasnya lebih cepat rusak. Maka, meskipun cukup repot dibanding hanya mengangkat wiper, cara kedua ini lebih baik dibanding cara pertama.

Tentu, parkir idealnya dilakukan di area yang terlindungi dari sinar matahari. Tetapi, hal tersebut tentu tidak bisa tiap saat dilakukan. Mengetahui apa yang harus dilakukan seperti mengangkat wiper membantu jaga mobil tetap terawat.

Sumber: Liputan6.com

SUDAH BACA INI BELUM?

 

(kpl/tys)
TAGS :
Join Otosia.com
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami