Suzuki Vitara Brezza Akan Diluncurkan Hari Ini

Suzuki Vitara Brezza yang merupakan generasi terbaru Vitara, kabarnya akan segera dirilis resmi hari ini.

Selasa, 08 Maret 2016 14:30
Suzuki Vitara Brezza (foto: Carbay)
Editor : Fajar Ardiansyah

Otosia.com - Terlepas dari posisi kuat mereka di pasar India, pabrikan mobil Jepang Suzuki Motors memang belum mampu mempesona masyarakat India dengan model SUV besutan mereka dalam beberapa tahun terakhir.

Jika kita ingat dengan jelas, Suzuki telah gagal dalam mempersembahkan crossover compact mewah Grand Vitara di pasaran beberapa tahun yang lalu. Namun kini, dengan diperkuat oleh jaringan NEXA terkini, Maruti Suzuki kini telah siap untuk mempersembahkan SUV compact lainnya di pasar India, dengan mengusung nama Vitara Brezza.

Peluncuran tersebut akan diselenggarakan pada hari ini sekitar jam 4:00 sore waktu India dan menurut pabrikan tersebut Vitara Brezza terbaru akan mengisi kekosongan antara S-Cross dan Baleno, yang keduanya sedang diminati di pasaran.

Bila mengamati tampilan Brezza, mobil ini memang cukup mampu untuk bersaing melawan kendaraan seperti Ford Ecosport dan Tata Nexon, yang juga sebentar lagi akan hadir di benua India.

Tampilan depan mobil ini terlihat sangat bergaya dan sporti dengan wajah berhiaskan krom dan lampu utama ramping yang ditenagai oleh lampu LED siang hari serta lampu proyektor. Meskipun ini merupakan kendaraan SUV compact, namun eksterior Brezza diusung untuk mampu memberikan aura sporti sejati dan tampilan maskulin yang selaras melalui pilihan warna bodi yang menarik.

Tampilan interior mobil ini sungguh berkelas, dengan kabin luas dan area lapang untuk para penumpang dan koper. Vitara Brezza dengan varian yang lebih tinggi juga dijejali dengan sederetan fitur berkualitas prima seperti hiburan berlayar sentuh, kendali cuaca, penghapus hujan dengan sensor, lampu utama otomatis, navigasi, bantuan parkir dan kendali perjalanan.

Aspek keamanan depan juga diperkuat dengan penyematan fitur-fitur seperti ABS, EBD, pelindung-Pencurian serta airbag SRS. Meskipun demikian, fitur-fitur keselamatan canggih tersebut tidak disertakan untuk trim dasar, yang juga akan ditawarkan dengan roda-roda yang lebih kecil dan konsol tanpa layar sentuh.

Mesin bensin 1,5-liter yang tidak melengkapi mobil ini tentunya merupakan aspek yang bakal dirindukan, namun karena kendaraan ini merupakan jenis yang akan digunakan untuk rute panjang, penggunaan mesin diesel memang terbukti akan lebih ekonomis. Mesin MJB 1,3-liter yang dibesut tersebut ditengarai mampu menghentakkan kekuatan sebesar 89 bhp dengan torsi 200 Nm dan akan ditawarkan bersama transmisi manual 5-percepatan.

Namun, hal yang paling fantastis mengenai mobil ini memang gardu penggeraknya, yang hanya ditawarkan dalam mesin diesel untuk peluncuran India. Banyaknya permintaan akan mobil diesel di kalangan pembeli India dan pajak yang dibebankan Pemerintah memang telah berpengaruh pada kenaikan harga bahan bakar diesel dan kendaraan, dan inipun pastinya akan berdampak pada permintaan Brezza.

Namun demikian, ekonomi India juga telah menunjukkan beberapa tanda kebangkitan dan dengan kisaran harga yang ditetapkan antara INR 7-9 laks, Brezza tentunya bakal mampu menarik pembeli di segmen khusus ini. Kita pun tidak dapat mengabaikan bahwa sebagai salah satu pelopor di Industri Otomotif India, Maruti Suzuki telah menjadi merek otomotif terpercaya di kalangan pembeli, dan harga untuk mobil bekasnya pun masih tergolong tinggi.

BERITA YANG TAK BOLEH DILEWATKAN LAINNYA!

    (kpl/prl/fjr)
    TAGS :
    KOMENTAR

    BERITA TERKAIT





    Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
    Pilih Mobilmu Sekarang

    Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami