Suzuki Sebenarnya Sudah Siap dengan Mobil Murah?

Masih pada pertanyaan mendasar, apakah Wagon R yang akan dikeluarkan oleh Suzuki untuk menghadapi ganasnya pasar mobil murah di Tanah Air? Hal ini terus pula ditampik oleh pihak produsen.

Sabtu, 03 Agustus 2013 08:15
Suzuki Wagon R
Editor : Alvin

Otosia.com - Masih pada pertanyaan mendasar, apakah Wagon R yang akan dikeluarkan oleh Suzuki untuk menghadapi ganasnya pasar mobil murah di Tanah Air? Hal ini terus pula ditampik oleh pihak produsen.

Mereka sendiri mengurungkan niat memamerkan Wagon R sebagai mobil murahnya itu. Hal tersebut dinilai terjadi pada saat gelaran Jakarta Fair lalu. Sebuah kasak-kusuk telanjur beredar bahwa mereka akan memamerkannya, dan mobil sudah benar-benar ada, tetapi selubung itu tidak dibuka dan hanya tersingkap sedikit memperlihatkan bumper, roda, yang memang mengarah pada model tersebut.

Kembali ditanya soal kesiapannya ini, Suzuki bersilat lidah. "Pada saatnya nanti jika sudah benar-benar peraturannya keluar, kami sudah direncanakan akan mengundang teman-teman wartawan sebagai yang pertama tahu," ungkap Endro Nugroho, Direktur Marketing 4W Suzuki Indomobil Sales.

Namun dia menambahkan bahwa tidak bisa ditampik banyak yang sudah berusaha untuk lebih mengetahui rencana ini, terutama mengenai model yang akan disuguhkan. "Meski begitu teman-teman kan sudah pada pintar ya, potret sana-potret sini, ini mobil baru."

Jadi sebenarnya sudah siap Pak?

"Itu kesimpulan Anda sendiri...," kilah Endro, dengan nada bergurau, diikuti tawa para pewarta.

Suzuki disebut-sebut mengandalkan model Wagon R untuk program mobil murah pemerintah. Mobil itu sendiri menggunakan mesin berkapasitas 1.000 cc dengan 3-silinder bertenaga 68 hp dengan torsi 90 Nm. Pilihannya baru dengan transmisi manual 5-percepatan. Dengan mesin ber-cc kecil itu, Wagon R sudah memenuhi syarat pemerintah terhadap mobil murah ramah lingkungan alias LCGC.

Wagon R sendiri mulai dipasarkan di India pada pertengahan Januari lalu. Dengan mesin tersebut, konsumsi bahan bakar luar kota atau tol 18,9 km per liter di jalan tol, sedangkan dalam kota 14,2 km per liter.  

(kpl/why/vin)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami