Suzuki Pastikan Burgman 125 Tidak Meluncur Tahun ini

Sempat ramai diberitakan bahwa PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) akan memboyong skutik Burgman Street 125 ke Tanah Air setelah peluncurannya di India. Kabar ini pun kembali ditanyakan ke pihak Suzuki di saat pasar skutik gambot kian tumbuh di Indonesia.

Senin, 30 Juli 2018 20:15
Foto by overdrive.in
Editor : Dini Arining Tyas
Reporter : Nazarudin Ray

Otosia.com - Sempat ramai diberitakan bahwa PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) akan memboyong skutik Burgman Street 125 ke Tanah Air setelah peluncurannya di India. Kabar ini pun kembali ditanyakan ke pihak Suzuki di saat pasar skutik gambot kian tumbuh di Indonesia.

Melalui Sales & Marketing 2W Department Head SIS, Yohan Yahya, Suzuki memastikan tidak akan memboyong skutik Burgman 125 tahun ini ke Indonesia.

"Tidak tahun ini, dan (tidak) tahun depan. Ya pasarnya memang ada, tapi kita tidak mau gegabah. Butuh perhitungan matang. Kalau kamu usaha, tentu tidak mau rugi kan?," kata Yohan Yahya.

Salah satu pertimbangan adalah pasar Suzuki yang masih jauh tertinggal dibandingkan Honda dan Yamaha, yang masing-masing punya jagoan Lexi dan Vario di kelas skutik 125 cc.

Foto by Bikewale

"Pasar kita tidak besar. Sebulan berapa? Seribu, itu kecil-lah. Sementara merek lain bisa ratusan ribu. Jadi buat apa kalau cuma jualan seribu. Ini malah bikin pasar kita makin mengecil," ungkapnya.

Faktor lain yang membuat Suzuki ragu memboyongnya ke Indonesia adalah ukuran ban Burgman 125 yang lebih kecil dibandingkan Lexi, sehingga nampak tidak berotot di bagian kaki-kaki.

"Kalau kita lihat di India, bannya itu kecil. Jadi harus cocok dulu lah, kita pelajari dulu. Sementara kita masih fokus pada Nex II yabg belum lama kita luncurkan," tukasnya.

Suzuki Burgman menggunakan ban depan tubeless berukuran 90/90 ring 12 dan belakang 90/100 ring 10, sedangkan Yamaha Lexi punya dimensi ban lebih besar, yakni pelek ring 14.

Suzuki Burgman dibekali mesin 1 silinder SOHC berkapasitas 124,3 cc dengan tenaga 8,5 hp dan torsi 10,2 Nm.

Di India Suzuki Burgman Street dijual sekitar Rp 15 jutaan.

SUDAH BACA INI BELUM?

(kpl/nzr/tys)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami