Suzuki Berencana Bikin Motor Adventure 150cc?

Beredar desain paten motor yang diduga motor adventure 150cc Suzuki alias mini Suzuki V-Strom.

Sabtu, 26 September 2020 11:45
Suzuki Berencana Bikin Motor Adventure 150cc? Desain paten mini Suzuki V-Strom (IndianAutosBlog)

Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Kabar mengenai hadirnya Suzuki DR150 di Indonesia perlahan menghilang. Mulanya, motor tersebut digadang-gadang bisa menjadi pesaing berat bagi Kawasaki KLX 150 dan Honda CRF 150.

Memang, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) 2Wheel sempat menyebut bahwa mereka tak lagi berminat menghadirkan Suzuki DR150 di Indonesia. Pasalnya, mereka melihat kondisi pasar yang kurang subur.

 

 

1 dari 3 Halaman

Tapi, Suzuki terus berkembang di pasar otomotif global. Bahkan, belakangan beredar desain paten yang diduga sebagai calon motor adventure 150 cc atau versi mini dari Suzuki V-Strom. Hanya saja, rancangan ini tidaklah murni dari pabrikan asal Jepang tersebut, tetapi mitranya di China, Haojue.

Secara fisik desainnya memang tak terlalu jauh dari Suzuki V-Strom. Sektor depannya khas motor adventure, memiliki paruh, setang lebar dilengkapi hand-guard, serta windshield tinggi.

2 dari 3 Halaman

Geser ke tengah, calon Suzuki V-Strom 150 ini memiliki tangki yang cukup besar, tapi tetap ramping untuk memudahkan pengendaliannya. Selain itu, terpasang juga jok tandem, serta rak barang berukuran besar di bagian belakangnya.

Di sektor kaki-kaki, bagian depannya dihuni suspensi teleskopik, sedangkan buritannya ditopang monoshock swingarm. Keduanya dipadu velg palang dan ban dual-purpose, serta masing-masing dikawal single disc-brake.

3 dari 3 Halaman

Berdasarkan desain tersebut, tampak jelas bahwa motor ini dibekali mesin 1-silinder. Mengutip IndianAutosBlog, kabarnya dapur pacu tersebut berkonfigurasi 150 cc dengan sistem pengabutan injeksi, tapi dari sekat-sekatnya, bisa dilihat pendinginannya masih konvensional, menggunakan udara.

Menurut sumber yang sama, mini Suzuki V-Strom ini akan menjadi model yang khusus dipasarkan di China. Tapi, tak menutup kemungkinan bahwa motor tersebut nantinya juga menjadi produk global dan masuk ke Indonesia. Kita tunggu saja.

(kpl/crn)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami