SUV Baru Mazda Hadir di Malaysia, Indonesia Menyusul

Mazda Malaysia berencana untuk merakit mobil SUV baru mereka secara lokal dan diekspor ke berbagai negara Asia, termasuk Indonesia.

Minggu, 17 Februari 2019 16:15
Mazda CX-8 Malaysia (Paultan.org)
Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Pada Maret 2018 lalu, Bermaz Motor, agen pemegang merek Mazda di Malaysia sempat mengutarakan niatnya untuk memboyong Mazda CX-8 untuk pasar mobil negeri jiran.

Kini, mengutip dari Paultan.org, SUV tersebut telah hadir di Malaysia dengan status CKD atau dirakit secara lokal. Nantinya, Mazda CX-8 rakitan Malaysia ini akan diekspor ke berbagai negara Asia, salah satunya Indonesia.

Di Malaysia, Mazda CX-8 hadir dalam 4 varian. Pertama, menggunakan mesin SkyActiv-D 4-silinder 2.200cc turbodiesel. Dapur pacu bertenaga 188 hp dan torsi 450 Nm itu dikawinkan dengan sistem penggerak AWD (all-wheel drive).

Sementara 3 varian sisanya mengandalkan jantung penggerak bensin SkyActiv-G 4-silinder 2.500cc naturally-aspirated. Konfigurasi ini menghasilkan tenaga sebesar 192 hp dengan torsi 257 Nm dan disalurkan ke roda depan. Keempat varian tersebut dikawinkan dengan transmisi otomatis 6-percepatan.

Secara tampilan, desainnya tak jauh berbeda dengan Mazda CX9, hanya saja dimensinya sedikit lebih kecil. Selain itu, Mazda CX-8 dibekali velg 19-inci, full-LED lighting, keyless-entry, dan berbagai teknologi driving assitance, mulai brake assist sampai hill launch assist.

Di sisi interior, Mazda CX-8 memiliki konfigurasi kursi 3-baris dengan kapasitas 7 penumpang. Pabrikan asal Jepang itu juga menyematkan AC climate control, sistem infotainmen touchscreen, dan jok sopir elektrik.

Sayangnya, belum ada informasi resmi terkait harga Mazda CX-8 di Malaysia. Kemungkinan, angkanya akan sedikit lebih rendah dibanding kakaknya yang dibanderol MYR287.000, sekitar Rp994 jutaan (Kurs MYR1 = Rp3.465).

Seandainya Mazda CX-8 mengaspal di Indonesia, posisinya tentu akan berada di bawah Mazda CX-9 yang dibanderol Rp818,8 juta (OTR Jakarta). Bisa jadi, harga Mazda CX-8 di tanah air nantinya akan berada di bawah Rp800 jutaan.

BACA INI JUGA DONG OTOLOVERS

(kpl/crn)
TAGS :
Join Otosia.com
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami