Survey: Mobil dengan Pelat Nomor Khusus Lebih Rentan Dicuri

Menggunakan pelat nomor unik dan berbeda dengan kebanyakan orang bisa meningkatkan nilai prestisius seseorang. Tapi ada dampak buruk di baliknya.

Jum'at, 17 Januari 2020 14:45
Survey: Mobil dengan Pelat Nomor Khusus Lebih Rentan Dicuri Ilustrasi pencurian mobil (CarReverse)

Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Memiliki pelat nomor khusus dengan deretan angka dan huruf cantik memberi kesan eksklusif bagi pemiliknya. Tak heran jika beberapa orang rela merogoh kocek dalam demi pelat nomor ini.

Di Indonesia pun harga pelat nomor pesanan itu cukup mahal. Harganya disesuaikan dengan berapa angka yang dipakai dan diikuti huruf atau tidak.

Rupanya, pelat nomor itu tak selamanya selalu memberi kesan baik. Efek buruknya mobil bisa menjadi incaran maling, seperti yang sering terjadi di Inggris.

1 dari 3 Halaman

Driver and Vehicle Licensing Agency (DVLA) menyebut pelat nomor khusus menarik minat para pencuri mobil. Hal itu juga diketahhui dari sebuah penelitian yang dilakukan oleh MoneySuperMarket.

Menurut Express.co.uk, hasil penelitian tersebut mengungkapkan bahwa pelat nomor yang dipesan khusus untuk membuat mobil lebih rentan dicuri dengan peluang lebih dari 50 persen, ketimbang mobil dengan pelat nomor biasa.

2 dari 3 Halaman

Selain itu, data asuransi AA di Inggris, ada lebih dari 500 pelat nomor setiap pekan yang dicuri maling. Setidaknya ada 25.000 pelat nomor yang dicuri dari kendaraan selama 12 bulan.

Lalu apa yang harus dilakukan jika demikian?

 

3 dari 3 Halaman

Pemilik pelat nomor harus segera melapor ke pihak berwenang, termasuk pihak asuransi. Pasalnya apapun pelanggaran yang dilakukan oleh pencuri, tagihan akan disampaikan ke pemilik asli.

Sistem penagihan sanksi pelanggaran serupa juga berlaku di Indonesia. Apalagi program ETLE sudah diberlakukan. Jadi jika Otolovers menjadi korban scamming pelat nomor, cara tersebut bisa dipraktikkan.

(kpl/tys)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami