Super Unik! Yogyakarta 'Sediakan' Ojek Bagi Para Difabel

Inspiratif, nih! Masyarakat penyandang difabel selalu memiliki kesulitan untuk menikmati fasilitas umum. Dengan ojek ini, tak lagi!

Kamis, 01 September 2016 11:30
Difa (foto: BBC INDONESIA)
Editor : Fajar Ardiansyah

Otosia.com - Sudah bukan barang rahasia bahwa para penyandang difabilitas, atau orang-orang dengan kebutuhan khusus bakalan mengalami kesulitan untuk menggunakan fasilitas dan transportasi umum, karena keterbatasan dan perbedaan kondisi fisiknya.

Namun dari yang dikutip dari BBC Indonesia menampilkan sesuatu yang amat luar biasa dan bisa dicontoh oleh kota-kota lain di Indonesia. Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki satu layanan transportasi bernama 'Difa'.

Yang menjadi sangat unik adalah bahwa layanan transportasi 'Difa' ini dikhususkan bagi para penyandang difabilitas, meskipun tak menutup kemungkinan juga dinikmati oleh masyarakat yang non-difabel. Dan semakin unik karena kru dari 'Difa' ini juga para penyandang difabilitas.

Organisasi penyelenggara layanan para difabel ini didirikan oleh Triyono, dan menurut keterangannya ada kira-kira 35.000 orang penyandang difabilitas di Yogyakarta sendiri dan menurutnya bisa jadi satu lapangan dan peluang usaha tersendiri.

Difa sendiri memiliki banyak karyawan yang juga merupakan para penyandang difabilitas. Keberadaan mereka membuat banyak difabel yang merupakan konsumen tak merasa sendirian dan semakin terbantu dengan fasilitas ini. Keren nih, di kota lain ada tidak ya?

BERITA YANG TAK BOLEH DILEWATKAN LAINNYA!

(kpl/fjr)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami