Super Tenere Worldcrosser, Varian Baru Motor Yamaha

Yamaha baru saja meluncurkan sebuah motor versi spesial yakni Super Tenere Worldcrosser, yang dipamerkan pada ajang Motor Bike Expo 2012. Kehadiran model dari pabrikan Yamaha ini akan menjadi rival dari pabrikan motor BMW R1200 GS yang sering dipakai dalam ajang balap Motor Dakar Rally. Dan varian dari Yamaha ini bernama XT1200Z Super Tenere.

Sabtu, 21 Januari 2012 11:58
Yamaha XT1200Z Super Tenere (two wheels)
Editor : Alvin
Kapanlagi.com - Yamaha baru saja meluncurkan sebuah motor versi spesial yakni Super Tenere Worldcrosser, yang dipamerkan pada ajang Motor Bike Expo 2012. Kehadiran model dari pabrikan Yamaha ini akan menjadi rival dari pabrikan motor BMW R1200 GS yang sering dipakai dalam ajang balap Motor Dakar Rally. Dan varian dari Yamaha ini bernama XT1200Z Super Tenere.

Super Tenere Worldcrosser ini akan hadir dengan mesin 1.199 cc dengan dua silinder segaris. Dan menghasilkan rasio kompresi 11.0 : 1 dan sanggup menghasilkan daya sebesar 110 dk dan torsinya 114 Nm pada putaran mesin 6.000 rpm.

Jika dilihat dari spesifikasi mesin di atas memang tidak jauh beda dari rivalnya BMW R1200 GS. Dari daya yang dihasilkan memang sama 110 dk, tapi pada putaran mesin 6.000 rpm R1200 GS menghasilkan torsi yang lebih besar, yakni 120 Nm. Dan juga kehandalan dan ketangguhan mesin BMW ini sudah terkenal sanggup melahap berbagai medan di ajang Motor Dakar Rally.

Tapi pada Super Tenere Worldcrosser ini memakai beberapa bagian yang istimewa antaranya adalah pada panel-panel sampingnya menggunakan bahan carbon, dan pada rangkanya pun menggunakan rangka carbon yang ringan seperti yang digunakan pada motor Ducati. Pemakaian bahan carbon juga dipakai pada pelindung suspensi depannya.

Diharapkan pada musim balap Motor Dakar Rally, Super Tenere Worldcrosser ini bisa ikut meramaikannya. Dan juga sebagai ujian bagi pabrikan motor Yamaha untuk bersaing dengan motor – motor lain pula di kelasnya. Tapi jika dilihat spesifikasi yang dimilikinya XT1200Z Super Tenere akan menjadi pesaing kuat bagi para rivalnya nanti.     (kpl/vin)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami