Super Hot! 7 Detail Foto dan Spek Resmi Ducati Superleggera!

Mengacu pada model bodywork 1199 Panigale R - Ducati Superleggera dengan unit terbatas ini akan dipasarkan di Tanah Air. Penasaran dengan harga dan detail sepesifikasinya? Check it out!

Kamis, 24 Juli 2014 19:30
Super Hot! 7 Detail Foto dan Spek Resmi Ducati Superleggera! Ducati Panigale 1199 Superleggera 2014 (Source: Ducati via Asphalt and Rubber)

Editor : Albert

Otosia.com - Melalui situs resmi Ducati, Superleggera - sportbike super ringan ini dengan percaya diri telah memamerkan setiap detail sudut 'keagresifannya'. Sportbike dengan jumlah produksi terbatas yang hanya 500 unit di dunia ini sudah bisa diketahui jelas spesifikasi mesinnya.

Mengacu pada model bodywork Ducati 1199 Panigale R atau generasi sebelumnya membuatnya sepintas terlihat sama persis. Namun hadir dengan bobot super ringan menjadikan keduanya sangat berbeda, Superleggera dalam kondisi tangki kosong hanya sekitar 155 kg dan 177 kg ketika 90 persen tangki berisi bahan bakar.

Ducati mempersembahkan varian standar dengan bekal 220 hp. Namun jika ada permintaan lebih, Ducati menyediakan tune-up dengan penambahan putaran mesin hingga 500 rpm.

Ducati Superleggera

1 dari 7 Halaman

Bahan Super Ringan

Bahan Super Ringan

Untuk membuatnya sesuai dengan nama Superleggera (bahasa Italia) yang berarti super ringan, Ducati membekalinya dengan bahan magnesium pada rangka monocogue-nya dan forged Machesini magnesium pada sektor velg-nya.

Penampang rangka Superleggera

Tidak hanya itu, bahan carbon fiber yang menyusun bagian sub-frame dan bodywork-nya juga menjadi fokus pembuatannya. Sedangkan bahan titanium menjadi bahan penyusun utama sektor baut dan pengencang mesin, knalpot, sasis - turut membuatnya super ringan.

Carbon fiber

2 dari 7 Halaman

Mesin

Mesin

Dalam performa beringas Superleggera tersembunyi mesin 1198cc Superquadro V-Twin yang menggunakan con-rods, inlet valves dan valves knalpot. Untuk sektor piston telah dimodifikasi ulang dengan perubahan pemakaian 2-ring sehingga lebih minim gaya gesekan dan mengurangi bobot secara keseluruhan.

Ducati juga mengklaim bahwa ruang pembakarannya sudah disesuaikan dengan spek balap WSBK, khususnya dengan merubah desain kepala piston (crown-piston) sehingga meningkatkan angka rasio kompresinya. Sektor crankshaft juga telah dibuat ringan dengan memperbaiki part laher sehingga meringankan kerja crank (bandul).

Mesin Superleggera

3 dari 7 Halaman

Sektor Kaki-kaki

Sektor Kaki-kaki

Ducati membekalinya dengan Ohlins FL916 untuk sektor fork dan suspensi depan serta CNC alumunium pada fork bawah. Sedangkan untuk sektor belakang, suspensi dari Ohlins TTX36 berpadu apik dengan per (I) titanium.

Pada perangkat remnya, Brembo M50 monobloc calipers yang terintegrasi dengan master silinder racing-style MCS 19-21 dan remote adjuster terletak pada handlebar-nya.

Suspensi Brembo TTX

4 dari 7 Halaman

Sproket/Gir set

Sproket/Gir set

Satu lagi yang tidak luput dari perhatian Ducati sehingga Superleggera bisa 'berlari kencang' yakni sektor sproket alias gir setnya yang menggunakan part dari Ergal rear sprocket dan WSBK-spec 520. Rasio gir ini dipercaya mampu memaksimalkan transfer tenaga garang dan lebih 'bernafas' panjang saat 'digeber' maksimal.

 

5 dari 7 Halaman

Perangkat Digital Terbaru

Perangkat Digital Terbaru

Perangkat digital terkini yang berfungsi mengontrol penyalur tenaga dibenamkan pada Superleggera ini. Ducati Wheelie Control (DWC) merupakan perangkat anti-wheelie system yang terintegrasi dengan DTC (Ducati Traction Control), Engine Brake Control (EBC) yang memungkinkan tenaga tidak terbuang sia-sia di putaran roda belakang.

Sistem Ducati Data Analisis+ (DDA +) juga telah diperbarui, dengan menambahkan sensor dan kanal perangkat lunak untuk merekam dan menampilkan sudut manuver motor. Semua sistem ini (DTS, DWC, dan EBC) sekarang dapat diakses melalui kontrol yang terletak pada tombol di stang-mount, sehingga kontrolnya lebih mudah bagi setiap pengendara.

Panel digital Superleggera

6 dari 7 Halaman

Race Kit

Race Kit

Masih belum cukup puas? Tenang brosis!

Ducati menyediakan seperangkat 'Race Kit' yang meliputi knalpot racing titanium Akrapovic, windscreen depan racing, stand paddock depan dan belakang, machined mirror fill-caps, alat pemindah dudukan plat, dan sidestand (standar samping).

Ducati mengatakan bahwa penambahan 'Race Kit' ini setidaknya juga berimbas pada pengurangan bobot Superleggera sekitar 2,5 kg dan mampu menambahkan tenaga beringasnya sekitar 5 hp.

Windsreen Superleggera

7 dari 7 Halaman

Harga

Harga

Untuk harga yang ditawarkan Ducati di wilayah Amerika, setidaknya Anda harus menyediakan mahar sekitar US$ 65,000 atau setara dengan Rp 734,2 jutaan untuk dapat meminangnya. So amazing kan brosis!

 

(kpl/abe)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami