Super Canggih, Motor Listrik BMW Akan Punya Wireless Charging

Terinspirasi dari smartphone, BMW Motorrad berencana menyematkan fitur wireless-charging pada motor listriknya.

Sabtu, 04 Januari 2020 12:15
Super Canggih, Motor Listrik BMW Akan Punya Wireless Charging Motor listrik BMW Motorrad Vision DC Roadster Concept (BMW Motorrad)

Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Selama setahun belakangan BMW Motorrad dikabarkan sedang mengembangkan motor listrik dengan kemampuan setara superbike konvensional. Memang, pabrikan asal Jerman itu terkenal kerap menghadirkan inovasi baru di dunia roda dua.

Mengutip dari Bennetts.co.uk, belum lama ini, BMW Motorrad juga telah mematenkan teknologi baru untuk motor listriknya, yaitu wireless-charging. Inspirasinya tentu adalah smartphone yang sudah menerapkan fitur serupa.

1 dari 2 Halaman

Pada sumber yang sama juga disebutkan bahwa teknologi wireless-charging lebih mudah diterapkan pada motor dibanding mobil. Pasalnya, setiap terparkir, standar pasti turun dan menempel dengan tanah.

Hal inilah yang tak dimiliki oleh mobil listrik. Alasannya jelas, satu-satunya bagian yang menyentuh tanah ialah ban. Komponen ini berbahan karet dan jelas tidak bisa menjadi konduktor yang baik.

2 dari 2 Halaman

Idenya sebenarnya sederhana. Di lahan parkir akan tertanam pemancar gelombang yang dapat mengisi daya. Standar yang menempel ke tanah berfungsi sebagai penerimanya dan kemudian disalurkan ke baterai.

Meski demikian, inovasi tersebut tak akan muncul dalam waktu dekat. Pasalnya, populasi motor listrik di dunia pun masih relatif sedikit. Harga teknologi wireless-charging pun cenderung mahal, bahkan hanya smartphone high-end yang memiliki fitur tersebut.

(kpl/crn)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami