Sudah Pernah Juara MotoGP, Tapi Pembalap Ini Baru Punya SIM

Pembalap MotoGP Miguel Oliveira sudah dua kali berhasil juara MotoGP pada musim 2020. Rupanya, Miguel Oliveira baru saja mengikuti ujian teori SIM meski sudah pernah menang.

Senin, 25 Januari 2021 21:15
Sudah Pernah Juara MotoGP, Tapi Pembalap Ini Baru Punya SIM MotoGP Portugal 2020 (KTM Image/Polarity Photo)

Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Surat Izin Mengemudi alias SIM wajib dimiliki oleh siapapun yang ingin mengendarai kendaraan bermotor. Di Indonesia, kepemilikan SIM baru boleh diberikan kepada seseorang yang disebut sudah cukup umur atau sudah ber-KTP.

Untuk mendapatkan SIM tersebut, seseorang harus menjalani serangkaian tes. Seperti tes praktik dan tes tulis, serta tes kesehatan dan psikotes.

Jika lulus semua tes tersebut, maka seseorang itu dianggap layak untuk boleh mengemudikan kendaraan bermotor di jalan. Tapi bagaimana jika ada pembalap yang mahir bermanuver di atas kuda besi tapi baru memiliki SIM saat sudah berusia 26 tahun?

1 dari 3 Halaman

Sebenarnya wajar saja, siapapun boleh memiliki SIM saat usia berapapun. Tapi yang menarik perhatian adalah ketika seseorang tersebut adalah pembalap, yang mana sudah tak diragukan lagi kemampuannya ntuk mengendalikan sepeda motor.

Dia adalah pembalap MotoGP asal Portugal, Miguel Oliveira. Pembalap Red Bull KTM Factory Racing ini baru saja berhasil mendapatkan SIM-nya.

(c) Instagram/88migueloliveira

Hal itu diketahui dari unggahan pada Instagram pribadi Oliveira @88migueloliveira. Dia mengatakan bahwa dirinya baru saja menyelesaikan ujian teori untuk mendapatkan SIM.

"Cuma ingin menginformasikan bahwa saya pergi ke sekolah berkendara untuk mengikuti ujian dan saya berhasil menyelesaikannya," tulis Oliveira pada unggahan yang menampilkan potretnya mengenakan masker duduk di sebuah ruangan ujian.

2 dari 3 Halaman

(c) BMW

Nama Miguel Oliveira sendiri semakin dikenal setelah dia berhasil juara di MotoGP Styria 2020 di Sirkuit Red Bull Ring Spielberg. Saat itu dia bahkan mendapatkan hadiah mobil BMW M4 atas kemenangannya.

Pembalap yang juga merupakan dokter gigi itu kemudian berhasil mendapatkan kemenangan keduanya saat seri penutup MotoGP di sirkuit Potimao, Portugal, bersama Red Bull KTM Tech3. Kini untuk MotoGP 2021, Oliveira pindah ke tim pabrikan Red Bull KTM Factory Racing.

3 dari 3 Halaman

(kpl/tys)

TAGS :
KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami