Spoiler Helm, Apa Sih Fungsinya?

Helm kini banyak yang memiliki spoiler. Tapi apa fungsinya?

Sabtu, 06 Juni 2020 20:15
Spoiler Helm, Apa Sih Fungsinya? Spoiler helm KYT TT Course (Otosia.com/ Cornelius Candra)

Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Berbagai merek helm full-face saat ini telah banyak dibekali semacam sayap di belakangnya atau sering disebut sebagai spoiler. Bahkan, tak sedikit pula yang menjual komponen tersebut sebagai sebuah aksesori.

Memang, dengan hadirnya spoiler, helm tampak lebih keren dan sporty. Komponen tersebut sebenarnya terinspirasi dari helm yang digunakan oleh pembalap MotoGP dan ajang balap motor lainnya.

Lantas, sebenarnya apa fungsi spoiler helm? Mengutip dari Bell Racing, komponen ini berguna untuk menyempurnakan aerodinamika ketika pembalap melakukan tuck-in atau menunduk dan melaju dengan kecepatan tinggi.

 

1 dari 1 Halaman

Hadirnya spoiler mampu mengurangi turbulensi atau kekacauan aliran angin di belakang helm. Dengan demikian, helm tidak akan terangkat dan variabel drag menjadi lebih kecil sehingga beban di leher menjadi berkurang.

Artinya, spoiler helm tidak akan berfungsi dengan optimal ketika penggunanya tidak menunduk atau tuck-in. Syarat lain agar komponen tersebut berguna ialah motor harus melaju dalam kecepatan tinggi.

Meskipun Otolovers melaju dengan kecepatan 100 km/jam, efek keberadaan spoiler tidak akan signifikan. Tapi, tak ada salahnya kan membuat tampilan helm menjadi lebih keren dan stylish dengan komponen tersebut.

(kpl/crn)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami