Spesifikasi Mobil Listrik Nissan LEAF yang Akan Dijual di Indonesia

Kenal lebih dekat dengan mobil listrik Nissan LEAF sebelum dijual di Indonesia.

Senin, 11 Mei 2020 17:45
Spesifikasi Mobil Listrik Nissan LEAF yang Akan Dijual di Indonesia Nissan LEAF (Otosia.com/ Cornelius Candra)

Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - PT Nissan Motor Indonesia tampaknya akan menjual Nissan LEAF dalam waktu dekat, setidaknya tahun 2020 ini. Hal itu terungkap setelah mobil listrik tersebut tercatat dalam Permendagri No.8 Tahun 2020.

Pada dokumen tersebut juga disebutkan bahwa NJKB (Nilai Jual Kendaraan Bermotor) Nissan LEAF mencapai Rp529 juta. Di dalamnya tercantum pula Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor (DP PKB) sebesar Rp555,45 juta.

 

1 dari 4 Halaman

Lantas, seperti apa spesifikasi Nissan LEAF di Indonesia? Sebelumnya, mobil listrik ini telah dipamerkan oleh PT NMI dalam gelaran GIIAS 2019 dan Parade Mobil Listrik di Monas, Jakarta.

Secara fisik, Nissan LEAF terlahir sebagai sebuah hatchback pada umumnya. Hanya saja, di bagian depat terdapat socket untuk charging baterainya. Grilnya pun menerapkan bahasa desain V-Motion khas Nissan.

2 dari 4 Halaman

Gril tersebut diapit oleh sepasang LED headlight yang dipadu dengan LED DRL. Atapnya tampak melengkung halus dan terkesan modern dengan konsep dual-tone. Sedangkan sektor belakangnya tampil sporty berkat LED taillight tipis yang meruncing.

Sayangnya, PT NMI tak menampilkan interior Nissan LEAF dalam gelaran GIIAS 2019 lalu. Namun, di berbagai negara, mobil listrik ini dibekali interior yang tak jauh beda dengan mobil konvensional.

3 dari 4 Halaman

Konsol tengahnya dihuni head-unit display touchscreen yang dapat terhubung ke smartphone dan beberapa tombol untuk AC serta fitur lainnya. Menariknya, di balik kemudi Nissan LEAF terdapat instrumen panel yang memadukan sistem analog dan digital.

Pada layar tersebut, terdapat informasi yang tak ada pada mobil konvensional, seperti daya baterai dan sistem regenerative-braking. Selain itu, instrumen ini juga menampilkan blind-spot mobil secara menyeluruh.

4 dari 4 Halaman

Nissan LEAF tentunya juga dibekali dengan paket Nissan ProPilot. Di dalamnya terdapat fitur radar cruise control dan lane-keep assist sehingga mobil ini memiliki sistem berkendara semi-autonomous.

Untuk urusan performa, Nissan LEAF di Indonesia kabarnya akan mengandalkan motor listrik bertenaga baterai 40 kWh. Dengan kapasitas tersebut, mobil ini diklaim mampu menempuh jarak hingga 400 km dalam keadaan baterai penuh.

(kpl/crn)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami