Spesifikasi dan Harga Mobil Komodo Buatan dalam Negeri, Mulai Rp100 Jutaan

Harga mobil Komodo terbilang cukup ramah kantorng. Harga mobil Komodo dibandrol mulai Rp110 juta.

Selasa, 12 Januari 2021 19:15
Spesifikasi dan Harga Mobil Komodo Buatan dalam Negeri, Mulai Rp100 Jutaan Mobil FIN Komodo KD 250 X (FIN Komodo Teknologi)

Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Satu lagi karya anak bangsa yang terbilang cukup menarik, yakni mobil Komodo alias FIN Komodo. Harga mobil Komodo jenis cruiser ini pun terbilang cukup terjangkau.

Tapi sebelumnya, jika Otolovers baru mendengar nama Komodo, simak ulasan berikut. Mobil Komodo merupakan mobil yang dibuat oleh pabrikan di Cimahi, Bandung, Jawa Barat, yakni FIN Komodo Teknologi. Mobil Komodo pernah dirilis saat IIMS 2017 lalu di JiExpo Kemayoran, Jakarta.

Mobil jenis cruiser itu dibuat khusus sesuai dengan kondisi geografis Indonesia, yang mana tak semua akses jalan sudah beraspal. Terlebih jika berbicara di pedesaan atau pedalaman.

 

 

1 dari 3 Halaman

Bodi Ringan

(c) FIN Komodo Teknologi

Menurut situs resmi FIN Komodo, mobil Komodo diklaim sangat ringan, dengan menggunakan rangka tubular dengan sistem monocoque, sehingga power yang dibutuhkan relatif kecil. Bodo ringan dan kuar, menggunaka material komposit untuk menahan lumpur dan kerikil yang bisa membaayakan pengemudi dan penumpang serta memberikan kenyamanan berkendara.

Kenyamanan berkenara itu juga didukung dengan suspensi double wishbone full independen di depan dan belakang. Sehingga memberikan kenyamanan baik di jalanan aspal, berbatu, tanah, lumpur saat kering maupun basah, serta jalanan menikung atau miring.

Sesuai dengan kegunaannya, ban mobil Komodo menggunakan baan khusus off-road tipe all terrain yang bisa dipakai di jalan basah maupn kering. 

 

2 dari 3 Halaman

Irit Bahan Bakar

(c) FIN Komodo Teknologi

Bodinya yang ringan membuat mobil Komodo juga diklaim telatif irit bahan bakar. Klaim pabrikan tersebut menyebut bahwa untuk menempuh jarak 100 kilometer di medan hutan, hanya butuh bahan bakar kurang dari 5 liter. Untuk menempuh jarak tersebut menggunakan mobil Komodo juga disebut bisa memakan waktu 6 jam sampai dengan 7 jam.

Sementara itu, mobil Komodo sendiri memiliki kapasitas tangki cukup besar, yakni 20 liter. Sehingga jika dihitung-hitung, menggunakan mobil Komodo di hutan bisa survive 7 x 4 jam atau 4 hari perjalanan siang hari.

Mobil Komodo juga disebut bisa dipakai sebagai kendaraan perintis untuk membuka jalan. Selain mengangkut orang, FIN Komodo juga bisa dipakai untuk mengangkut barang dengan beban maksimal 250 kilogram.

3 dari 3 Halaman

Harga Mobil Komodo

Saat ini, mobil Komodo yang dipasarkan adalah generasi ke-5 yang diadapatasi dari Kendaraan Intai Tempur hasil kerjasama dengan Dislitbang TNI-AD. FIN Komodo KD 250 X itu pun ditingkatkan pada bebera bagian, seperti ukuran yang lebih tinggi, dasbornya yang lebih mewah, dan lampu LED.

Pada dapur pacu, mobil Komodo ini dibekali mesin 250cc 4 langkah dengan torsi maksimum 17,6 Nm pada putaran 5500 rpm. Mesin itu dipadukan dengan transmisi otomatis yang menyalurkan tenaga ke dua roda belakang.

Nah seperti disinggung sebelumnya, bahwa harga mobil Komodo cukup terjangkau. Harga mobil Komodo itu dibandrol mulai Rp 110 juta hingga Rp 127 juta.

(kpl/tys)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami