Soal Fasilitas Charging Outlander PHEV, Ini Respon Mitsubishi

Untuk memudahkan konsumen Outlander PHEV, Mitsubishi lakukan kerjasama dengan PLN

Jum'at, 18 Oktober 2019 13:45
Soal Fasilitas Charging Outlander PHEV, Ini Respon Mitsubishi Mitsubishi Outlander PHEV (Otosia.com/Nazarudin Ray)

Editor : Ahmad Muzaki
Reporter : Nazarudin Ray

Otosia.com - Saat beberapa brand mobil di Indonesia makin menunjukkan keseriusannya, hal ini bisa ditanggapi bahwa era kendaraan listrik akan makin hidup. Sebab, pemerintah sedang menghitung keringanan pajaknya.

Selaras dengan itu, maka saatnya publik yang ingin ikut tren mobil listrik mulai melirik juga mobil sekaligus perlengkapannya. Soalnya ibarat smartphone, mobil listrik tentu akan ada di rumah dan di-charge.

Fasilitas charging adalah kebutuhan yang harus dijawab oleh produsen otomotif ketika memasarkan kendaraan listrik mereka. Soal ini, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) sigap merespon dengan melakukan nota kesepahaman dengan PT PLN (Persero) dalam penyediaan fasilitas pengisian daya mobil listrik.

1 dari 2 Halaman

Kerjasama yang Dilakukan

Kerjasama yang Dilakukan

Kerjasama antara Mitsubishi dengan PLN dilakukan dalam rangka memberikan kemudahan bagi pengguna Outlander PHEV sebagai mobil Plug-in Hybrid Electric Vehicle Mitsubishi pertama yang dipasarkan di Indonesia.

“Kami terus berupaya mendukung pengembangan mobil listrik dan infrastrukturnya di Indonesia. Sejalan dengan langkah pemerintah Indonesia dalam percepatan program mobil listrik berbasis baterai, kali ini kami bekerjasama dengan pemerintah melalui PT PLN dalam penyediaan fasilitas pengisian daya mobil listrik di rumah konsumen. Kerjasama ini, akan memberikan kemudahan kepada konsumen Outlander PHEV kami dalam pemasangan fasilitas home charging,” papar Naoya Nakamura, Presiden Direktur MMKSI.

Menurut Nakamura setiap pembelian Outlander PHEV, secara otomatis konsumen mendapatkan fasilitas pengisian daya Type 1 (AC) yang akan dipasangkan di rumah konsumen.

Setiap pemasangan home charging Outlander PHEV akan disediakan paket layanan untuk kecukupan daya sambungan listrik pelanggan dan fasilitas power connecting port (AC) sebagai bentuk dukungan dari PLN.

2 dari 2 Halaman

Panel surya

Panel surya

Terkait dengan pengisian daya di rumah tersebut, belum lama ini Mitsubishi memperkenalkan teknologi pengisian daya listrik panel surya.

Di tengah tren green live yang makin hidup, charger mobil dengan sumber daya panel surya ini jelas menarik.

"Mitsubishi (Jepang) memulai penjualan terbatas Dendo Drive House (DDH), sistem rumah berbasis V2H di Tokyo Jepang mulai 3 Oktober. Ini adalah penjualan DDH pertama di dunia, dan MMC berencana untuk memulai penjualannya di pasar luar negeri," ujar pihak Mitsubishi.

DDH sendiri adalah sistem komprehensif yang terdiri dari kendaraan listrik Mitsubishi (EV) atau plug-in hybrid vehicle (PHEV), charger dua arah, panel surya, dan baterai rumah dan dirancang untuk diintegrasikan sebagai bagian dari rumah.

Paket ini memungkinkan pelanggan untuk mengisi ulang EV / PHEV-nya di rumah menggunakan tenaga yang dihasilkan dari matahari, dan untuk memasok listrik dari EV / PHEV mereka kembali ke rumah.

"DDH menguntungkan pelanggan dengan membantu menghemat biaya listrik dan menyediakan persediaan yang dapat diandalkan untuk sumber daya darurat," kata pihak Mitsubishi.

Seperti juga keseriusan sejumlah produsen charger, pihak Mitsubishi bilang kalau unit ini akan tersedia di dealer MMC yang mencakup pemasangan, dan pemeliharaan. Kapan ya tersedia di Indonesia? Kita tunggu saja.

(kpl/nzr/ahm)

Join Otosia.com
KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami