Soal Mobil Esemka, Peneliti: Bisa Dibilang Hanya Gimmick

Kehadiran Esemka di tengah pasar otomotif Indoensia dinilai hanya sebatas gimmick

Rabu, 11 September 2019 20:15
Soal Mobil Esemka, Peneliti: Bisa Dibilang Hanya Gimmick Mobil Esemka (Merdeka.com)

Editor : Ahmad Muzaki

Otosia.com - Sampai saat ini peresmian pabrik dan mobil Esemka Bima tuai pro dan kontra dari berbagai pihak. Salah satunya Abra Talattof, peneliti dari Institute for Development of Economics and Finance (Indef) mengatakan, bahwa pihaknya cukup mengapresiasi peresmian tersebut, namun tetap saja ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

"Kalau menurut saya pribadi Esemka sejauh ini masih sebatas, bisa dibilang hanya gimmick. Kita belum puas. Karena sebelumnya juga sudah bocor itu kan pabriknya mulai tahun lalu juga. Kalau kita lihat nggak jelas proses produksi di sana bagaimana," kata dia, saat dihubungi Merdeka.com, Sabtu (7/9).

 

1 dari 1 Halaman

Kandungan Lomponen Lokal

imageKandungan Lomponen Lokal

Terkait TKDN misalnya, kata dia, tentu harus dibuktikan bahwa TKDN dalam setiap mobil Esemka memang besar. "Kalau dikatakan TKDN kandungan domestik itu besar, itu apa buktinya. Harusnya dirilis, ditunjukkan bahwa komponen-komponen ini memang diproduksi dalam negeri," ujar dia.

Dengan begitu tidak muncul kesan, bahwa Esemka hanya merakit mobil, sementara bahan bakunya didatangkan dari luar negeri. "Tapi dalam konteks upaya mendorong industrialisasi di sektor otomotif, itu kita apresiasi," ujar dia.

"Cuma Pemerintah dan pabriknya harus membuktikan bahwa memang arahnya industri otomotif harus lebih banyak komponen dalam negerinya. Tidak hanya sekadar diimpor mentah di Indonesia dirakit," tandasnya.

Sumber: Merdeka.com

(kpl/ahm)

Join Otosia.com
KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami