Skutik Honda Berhasil Tumbangkan Moge BMW Motorrad

Honda X-ADV melakoni debutnya sebagai motor konsep dalam gelaran EICMA 2016 dan sebagai crossover adventure bike, namun diregistrasikan sebagai skutik.

Senin, 10 September 2018 13:15
Foto: Honda X-ADV/ Honda.co.uk
Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Setelah bertahun-tahun merajai segmen motor dual-purpose premium, akhirnya BMW R1200GS tumbang juga. Di Italia, penjualan motor gede (moge) tersebut digeser oleh skutik adventure asal Jepang, Honda X-ADV.

Menariknya, mengutip dari Rideapart.com, capaian ini diperoleh Honda X-ADV dengan selisih yang cukup tipis, hanya 53 unit. Sejak Januari hingga Agustus 2018, angka penjualan motor tersebut mencapai 3.233 unit. Sementara itu, BMW R1200GS sedikit berada di bawahnya dengan capaian 3.180 unit.

BMW R1200GS

Honda X-ADV melakoni debutnya sebagai motor konsep dalam gelaran EICMA 2016 lalu yang berlangsung di Milan, Italia. Pabrikan berlogo sayap tersebut menyebut motor ini sebagai crossover adventure bike, namun diregistrasikan sebagai skutik.

Di Indonesia, Honda X-ADV memang belum dipasarkan. Namun, skutik adventure ini telah menampakkan wujud aslinya pada gelaran IIMS 2018 lalu untuk melihat animo pasar. Dengan kata lain, masih ada kemungkinan bahwa Honda X-ADV juga akan beredar di tanah air.

Honda X-ADV

Honda X-ADV terbilang unik karena menawarkan kenyamanan berkendara khas skutik tapi juga memiliki aura motor petualang dari desain body dan karakter mesinnya. Fitur yang terpasang pun lengkap, seperti ABS, Honda Selectable Torque Control (HSTC), riding mode, instrumen panel full-digital, power outlet, dan bagasi luas.

Beralih ke dapur pacu, Honda X-ADV dibekali mesin 2-silinder inline SOHC 745cc liquid cooled. Konfigurasi tersebut disokong sistem pengabutan injeksi dan mampu menghasilkan tenaga sebesar 54 hp dengan torsi maksimum 68 Nm.

Honda X-ADV

Sementara itu, sektor kaki-kakinya dipercayakan pada suspensi depan upside-down dan berpadu dengan velg jari-jari 17 inci berbalut ban 120/70. Sedangkan bagian belakang mengandalkan monoshock, velg jari-jari 15 inci, dan ban 160/60.

Saat ini, berdasarkan situs resmi Honda Inggris, Honda X-ADV dipasarkan dengan harga GBP9.959 atau sekitar Rp192 jutaan (Kurs GBP1 = Rp19.300). Sementara itu, di kampung halamannya, mengutip dari situs resmi Honda Jepang, skutik petualang tersebut dibanderol JPY1,236 juta yang setara dengan Rp166 jutaan (Kurs JPY1 = Rp134).

BACA INI JUGA DONG OTOLOVERS

(kpl/crn)
TAGS :
Join Otosia.com
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami