Skuter Listrik KTM Akan Berbasis Bajaj

Selain dengan Triumph, Bajaj juga masih bekerja sama dengan KTM dan Husqvarna. Bahkan, skuter listrik KTM nantinya akan memakai platform skuter listrik Bajaj Chetak.

Rabu, 20 November 2019 17:45
Skuter Listrik KTM Akan Berbasis Bajaj Bajaj Chetak (MotorBeam)

Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Bajaj bekerja sama dengan Triumph di North America. Sementara itu, pabrikan India itu juga bekerja sama dengan KTM dan melanjutkan dengan Husqvarna. Tujuan kerja sama itu untukk membuat sepeda motor kecil dengan target pasar Asia.

Melansir Rideapart, kerjasama Bajaj dan KTM sudah membuahkan hasil. Kini kabarnya, KTM akan memproduksi skuter listrik berbasis skuter listrik Bajaj.

Sebenanrnya, baik KTM ataupun Husqvarna sudah memiliki sepeda motor listrik. Bernama EE5 di bawah Husqvarna dan SX-E 5 di bawah KTM. Hanya saja, dirtbikes keduanya tidak legal dipakai di jalanan.

Maka itu, sepeda motor listrik KTM kemungkinan akan berjenis skuter untuk pasar Eropa. Sementara Bajaj diketahui belum lama ini merilis Chetak listrik. Bajaj Chetak listrik akan berbagi platform dengan skuter listrik KTM yang disebut akan segera dirilis.

1 dari 2 Halaman

Bajaj Chetak Listrik

Bajaj Chetak Listrik

Selain Urbanite yang menjadi sub-brand Bajaj Auto, pabrikan motor India itu juga merilis skuter listrik baru. Skuter listrik itu adalah Bajaj Chetak yang beberapa kali terlihat diuji.

Melansir MotorBeam, produksi skuter listrik Bajaj Chetak dimulai pada 26 September 2019. Skuter ini memiliki desain modern dengan bodi baja dan tersedia dalam 6 pilihan warna.

Lampu depannya menggunakan LED dengan DRL. Chetak juga dibekali instrument cluster digital. Bajaj Chetak dilengkapi dengan baterai Lithium-ion IP67 dengan sel NCA.

Baterai tersebut bisa diisi menggunakan outlet listrik 5-15 amp. Baterai Chetak menggunakan Intelligent Battery Management System, yang mengontrol pengisian dan pengosongannya. Bajaj juga akan menawarkan stasiun pengisian rumah dengan biaya tambahan.

Chetak memiliki dua mode berkendara, Eco dan Sport. Skuter listrik ini memiliki daya jangkau sekitar 95 kilometer pada model Eco, dan hanya 85 kilometer pada mode sport.

Chetak juga dbekali dengan sistem pengereman regeneratif. Selain itu, Bajaj juga menawarkan aplikasi seluler seperti data communication, user authentication, dan keamanan.

Penjualan secara ritel akan dimulai pada 2020 di Pune, lalu berlanjut di Delhi. Skuter listrik itu akan mulai dijual melalui dealer Bajaj Probiking, yang mana KTM dan Husqvarna juga dijual di sana.

2 dari 2 Halaman

Desain Bajaj Chetak

Desain Bajaj Chetak

Pabrikan kendaraan roda 2 asal India, Bajaj, belum lama ini meluncurkan skutir listrik. Namanya, Bajaj E-Chetak. Skutir matik listrik itu memiliki desain yang identik dengan skuter Vespa.

Menurut MotorBeam, Bajaj E-Chetak adalah versi dari Bajaj Chetak yang sudah ada sejak tahun 1972. Bajaj Chetak terakhir diproduksi pada tahun 2006. Kala itu, Bajaj Chetak masih merupakan motor konvensional.

Bajaj Chetak menjadi motor ikonik pada masanya. Setelah ditelisik, desain Bajaj Chetak memang terinspirasi dari Vespa Sprint kala itu. Maka itu tak heran jika versi listriknya, E-Chetak juga identik dengan skuter Vespa modern.

Menurut Tata Motors' Vice Precident of Design, Pratap Bose, pihaknya melakukan pendalaman tentang motor yang terinspirasi dari Vespa Sprint itu. Tapi pihaknya menyatakan bahwa Bajaj telah melewatkan kesempatan untuk melakukan sesuatu yang lebih unik.

Kini pihaknya lebih fokus tentang penjualan kendaraan roda duanya, yang menjadi penyumbang penjualan terbesar untuk perusahaan.

Bajaj E-Chetak sendiri ditenagai baterai lithium-ion IP67 dengan NCA. Skuter listrik itu dibekali dua mode berkendara, Eco dengan daya jangkau 95 kilometer dan Sport dengan daya jangkau 85 kilometer.

(kpl/tys)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami