Skandal Mantan Bos Nissan Carlos Ghosn, Buat Bayar Kuliah di Stanford University

Mantan bos Nissan, Charlos Ghosn tersandung skandal penggelapan pajak. Belakangan Nissan dilaporkan membayarkan biaya kuliah empat anak Carlos Ghosn di Stanford University.

Kamis, 28 Maret 2019 21:45
Carlos Ghosn (Carscoops)
Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com -

Skandal yang melibatkan mantan bos Nissan, Carloss Ghosn masih bergulir. Baru-baru ini Nissan dilaporkan telah membayar uang kuliah empat anak Carlos Ghosn di Stanford University.

Pembayaran itu dilakukan pada periode 2004-2015. Menurut Bloomberg, yang dilansir Carscoops, sejak menjabat menjadi CEO Nissan pada 1999, perlakuan tak biasa sudah diterima oleh Ghosn. 

Bahkan perlakuan seperti itu disebut tak wajar meskipun Ghosn duduk di pucuk pimpinan. Nissan dikabarkan mengeluarkan biaya sekitar USD 601.000 atau sekitar Rp 8,5 miliar (Kurs USD 1 = Rp 14.251), sesuai dengan biaya kuliah di Stanford University kala itu.

Tapi baik Nissan atau pengacara Ghosn di Paris, engga berkomentar soal hal ini. Jika benar, biaya kuliah di Stanford itu akan menambah daftar pelakuan tak biasa Ghosn selama menjadi bos Nissan, Renault, dan Mitsubishi. Termasuk juga persa penikahan di Chateau of Versailles dan tempat tinggal mewah di empat benua.

Bos perusahaan kompensasi eksekutif di Amerika Serikat, Robin Ferracone, menyebut bahwa sangat tidak mungkin Nissan membayar biaya kuliah anak-anak Ghosn. "Biasanya penggantian uang kuliah itu menjadi bagian tugas ekspatriat, danitu untuk anak-anak di bawah usia universitas," ujar Ferracone.

Sayangnya, tak ada informasi apa saja tunjangan yang diterima Ghosn yang disertakan oleh Nissan di Jepang dan Amerika Serikat. Hukum di Amerika Serikat mengharuskan tunjangan eksekutif dikenakan pajak dan perusahaan harus melaporkan ke investor. Sama halnya dengna peraturan di Jepang, yang tak jauh berbeda.

SUDAH BACA INI BELUM?

(kpl/tys)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami