Sistem Ganjil Genap Dimulai 1 Januari 2013

Pembahasan aturan arus lalu lintas ganjil-genap di kawasan DKI Jakarta makin hangat. Sebab beredar kabar ‘Info Perda’ bahwa sistem ini akan mulai diberlakukan di awal Tahun Baru 2013.

Senin, 17 Desember 2012 09:20
Ilustrasi Kemacetan lalu lintas di Ibu Kota (Nazar Ray)
Editor : Alvin

Otosia.com - Pembahasan aturan arus lalu lintas ganjil-genap di kawasan DKI Jakarta makin hangat. Sebab beredar kabar 'Info Perda' bahwa sistem ini akan mulai diberlakukan di awal Tahun Baru. Informasi ini beredar Sabtu pagi ini melalui jaringan media sosial.

"Jokowi telah menetapkan penguraian kemacetan Jakarta dengan sistem Ganjil Genap dimulai tanggal 01 Januari 2013," demikian bunyi pesan tersebut. Isinya pun mencakup penjelasan mengenai mana pelat yang genap dan mana yang termasuk ganjil serta jalur-jalur yang akan dilalui.

Mengenai tanggal, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo atau akrab disapa Jokowi sebelumnya sempat mengatakan bahwa pengaturan ini sekiranya belum akan dimulai pada Januari. Karena waktunya dinilai terlalu cepat.

"Waktu pelaksanaan kalau Januari terlalu mepet," ujarnya minggu lalu, seraya menampik jika kebijakan ini juga dilakukan dengan memanfaatkan momen hari jadi Jakarta pada pertengahan tahun karena akan terlalu lama.

Sistem pembatasan berdasarkan nomor pelat mobil sekiranya masih dibahas lebih jauh. Namun, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo sudah menyebut bahwa mobil yang akan terkena peraturan ini tidak hanya mobil berpelat B, tetapi juga dari daerah lain yang masuk ke Jakarta.

Penerapan sistem pelat nomor polisi ganjil-genap ini pun menurut rencana akan berlaku setiap hari Senin-Jumat pada pukul 08.00-20.00. Sejumlah perangkat dan teknologi pun akan diterapkan.

Kendaraan dengan nomor ganjil atau genap akan menggunakan stiker dengan warna khusus. Stiker berwarna hijau misalnya akan diterapkan untuk kendaraan ganjil. Sementara itu, nomor genap dengan stiker berwarna merah.

Regulasi ini pun kian diperketat dengan perangkat lain, termasuk perangkat elektronik dan kamera pemantau. Ada pula kamera video lalu lintas dan ANPR atau Automatic Number Plate Recognition. 

(kpl/nzr/vin)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami