Sirkuit atau Jalan Umum, Pengaruh Garansi Yamaha R25 Ber-ECU Daytona Sama Saja

Yamaha Indonesia menyediakan ECU performa Daytona untuk Yamaha R25, seperti halnya R15. Dengannya, tenaga yang diatur menjadi jauh lebih berperforma dari bawaan standar yang memang sudah tinggi.

Senin, 07 Juli 2014 17:15
Eksport YZF-R25 (foto: Nazar)
Editor : Ahmad Khoirudin

Otosia.com - Yamaha Indonesia menyediakan ECU performa Daytona untuk Yamaha R25, seperti halnya R15. Dengannya, tenaga yang diatur menjadi jauh lebih berperforma dari bawaan standar yang memang sudah tinggi.

Namun, Yamaha sebelumnya mengatakan bahwa pemasangan ECU ini berpengaruh pada garansi. Mereka pun menegaskan pengaruh itu berlaku, sekalipun motor ini digunakan di dalam kota.

"(Pasang Daytona) Kalau dipakai race, garansinya tentu batal. Kalau dipakai standar, juga," kata M Abidin, GM Service dan Motorsport Yamaha Indonesia Motor Manufacturing.

Untuk saat ini, Yamaha R25 merupakan motor sport fairing 250 cc dengan tenaga paling besar di kelasnya, yakni di atas Ninja dan CBR250R. Jika YZF-R25 ada di 36 PS, power maksimum Ninja 250 ada di angka 32 PS, Honda CBR250R berada di angka 29 PS.

Power Yamaha R25 pun bisa terdongkrak sampai 40 PS jika dipasangi paket racing, yang menurut kabar akan diluncurkan dalam hitungan minggu ke depan, yakni ECU Daytona seperti halnya pada R15.

Bicara peningkatan tenaga, maka mesin dengan ECU balap itu membuat kinerjanya "dipaksa" dari level wajarnya.

Soal penambahan tenaga, Raditya, Brand and Product Strategic Staff PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, mengatakan bahwa hal itu tergantung setting terhadap ECU.

"Kalau eco (diset pada level hemat atau ekonomis), ya paling nambahnya cuma 1,2 PS. Kalau mau tambah 3 PS atau jadi 40 PS bisa saja, tergantung settingan dan parts," kata Raditya.

Hot Info Yamaha YZF R25

(kpl/why/rd)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami